1.600 Peserta Meriahkan Lomba Perahu Jong

Nongsa, BatamEkbiz.Com – Ribuan peserta dari berbagai kabupaten/kota di Provinsi Kepri dan Riau antusias mengikuti lomba Perahu Jong. Kegiatan yang berlangsung di Pantai Kampung Melayu, Batu Besar, Nongsa, Kota Batam pada 3 sampai 5 Maret ini dipadati penonton yang didominasi warga sekitar.

Ketua Panitia, Syamsul Bahri mengatakan, lomba Perahu Jong digelar rutin setiap tahunnya di Batam. Tujuannya untuk melestarikan permainan tradisional dan budaya. Selain menyedot penonton lokal, kegiatan ini diharapkan mampu menyedot kunjungan wisatawan mancanegara.

“Lebih dari 1.600 peserta ikut perlombaan. Kami ingin budaya masyarakat Melayu semakin dikenal dan mendatangkan wisatawan,” katanya.

Perahu Jong merupakan permainan nelayan pesisir yang masih bertahan hingga kini. Miniatur perahu layar ini dibuat dari bahan kayu pulai berbobot ringan dan layarnya dari kain atau plastik berwarna-warni.

Perlu keahlian khusus, kesabaran, dan ketelitian untuk membuat Perahu Jong. Karena bila tidak sempurna, Perahu Jong akan berlayar tidak seimbang atau tidak lurus, bahkan tenggelam.

Syamsul menjelaskan, peserta yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini antara lain datang dari Bengkalis dan Kampar (Provinsi Riau), Tanjungpinang, Bintan, Karimun, dan Batam (Provinsi Kepri). Kegiatan ini melombakan tiga kategori, yakni Perahu Jong kecil berukuran hingga 1,29 meter, sedang 1,3 sampai 1,5 meter, dan di atas 1,6 untuk kategori besar.

“Kegiatan ini hanya bisa dilakukan saat musim angin utara seperti saat ini. Jadi kami berharap dalam tiga hari penyelenggaraan ini mampu menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara,” katanya.

Ketua LAM Batam yang juga anggota DPR RI, Nyat Kadir berharap banyaknya kegiatan bernuansa permainan dan budaya ini bisa menjadi magnet baru penarik wisatawan ke Batam. “Saat ini pemerintah tengah gencar menarik wisatawan mancanegara. Ini kesempatan bagus untuk memperkenalkan permainan ini agar juga diminati wisatawan,” katanya. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *