12 Tahun Mangkrak, Pasar Induk Jodoh Akan Dirombak Total

Jodoh, BatamEkbiz.Com — Dibangun 12 tahun lalu dengan anggaran puluhan miliar, Pasar Induk Jodoh, Batam terbengkalai tak terurus. Bangunannya sudah banyak yang rusak, sejumlah tiangnya keropos, dan temboknya kusam. Kini, Pemko Batam justru berencana merombak total bangunan Pasar Induk.

“Akan dibangun ulang, dikonsep lagi dari awal,” ungkap Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMPK-UKM) Pebrialin, kemarin.

Rencana perombakan total Pasar Induk Jodoh oleh Pemko Batam juga diungkapkan Wali Kota Batam Rudi. Menurutnya, bangunan Pasar Induk Jodoh akan bercirikan budaya setempat.

“Kami minta LAM (Lembaga Adat Melayu) untuk mendesainnya, biar bangunanya mencirikan budaya melayu,” ujar Rudi.

Pebrialin mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan pendataan untuk memindahkan pedagang yang berada di kawasan Tos 3000 dan sekitarnya agar nantinya mengisi Pasar Induk Jodoh. Menurutnya, Pemko Batam telah berkoordinasi dengan Badan Pengusahaan (BP) Batam terkait pengelolaannya.

“Kita sudah koordinasi dengan BP Batam terkait pasar induk ini, nanti asetnya dicatat sebagai aset Pemko Batam” katanya.

Pendataan yang dilakukan dengan mensyaratkan terlampirnya Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *