185 Peserta Ikuti Kepri Trophy Offroad 2017

Nongsa, BatamEkbiz.Com — Sebanyak 185 peserta dari berbagai daerah akan mengikuti ajang “Kepri Trophy Offroad 2017” seri dua yang akan digelar di Tanjungpinang pada 25-27 Agustus. Para peserta itu tidak hanya berasal dari Provinsi Kepri, tapi juga dari Riau.

“Dari Malaysia juga akan mengirimkan atletnya, namun saat ini belum ada konfirmasi lebih lanjut,” kata Ketua Panitia Kombes Pol Asep Akbar Hikmana yang juga menjabat Dirlantas Polda Kepri di Batam, Senin 21 Agustus 2017.

Menurut Asep, kompetisi tersebut level nasional dan mengikuti segala peraturan standar dari Indonesian Offroad Federation (IOF) dan Ikatan Motor Indonesia (IMI). Kejuaraan ini merebutkan hadiah uang Rp50 juta serta trofi dari Gubernur Kepri serta Wali Kota Tanjungpinang.

“Semua ketentuan perlombaan akan mengikuti standar nasional. Ini juga sebagai ajang pembinaan pada bibit-bibit olahraga offroad di Kepri pada khususnya,” katanya.

Asep berharap kegiatan ini tidak sekadar dimanfaatkan untuk menyalurkan hobi, tapi juga menjadi ajang penerapan tertib berkendara sesuai dengan standar dan aturan yang berlaku.

“Kami berharap kejuaraan ini akan memunculkan bibit potensial dari Batam. Pembinaan adalah tujuan utama kegiatan ini selain juga dalam rangka HUT Bhayangkara 2017,” kata Asep.

Pimpinan lomba, Loekito Rahardjo mengatakan, kegiatan mengacu pada peraturan dan regulasi nasional, sehingga event ini bisa menjadi batu loncatan bagi para offroader untuk bertanding di tingkat kejurnas.

“Ada tiga kategori akan dilombakan dalam kejuaraan ini. Selain uang pembinaan bagi juara satu sampai tiga juga akan ada trofi yang diberikan,” katanya.

Ia mengatakan, sirkuit yang disiapkan di Tanjungpinang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga menjadi arena yang menantang bagi offroader.

“Panjang sirkuit sekitar empat kilometer diatas lahan 11 hektare. Hingga saat ini semua sudah siap digunakan,” kata Loekito.

Untuk peserta dari Batam, kata dia, Kamis sore semua akan diangkut ke Tanjungpinang dengan menggunakan kapal tongkang. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *