34 PMA Investasi USD132 Juta di Lagoi

BINTAN – Minat investor untuk menanamkan modalnya di Bintan terus tumbuh. Hingga awal Maret tahun ini, sebanyak 34 Penanaman Modal Asing (PMA) berinvestasi sekitar Rp1,8 triliun di Bintan. Investasi perusahaan asing yang bergerak di bidang pariwisata tersebut dilakukan di kawasan pariwisata Lagoi.

Ke-34 perusahaan asing tersebut terdiri dari 33 perusahaan yang bergerak di bidang usaha hotel bintang lima atau villa dan 1 perusahaan di bidang usaha aktivitas konsultasi manajemen. Kategori villa yang akan dibangun adalah Super Luxury Villa dengan konsep Wellness Resorts dan terpadu dengan fasilitas lengkap pada setiap villanya. Rata-rata nilai investasi yang ditanamkan masing-masing perusahaan mencapai USD4 juta atau setara Rp54,4 miliar.

Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPM PTSPTK) Kabupaten Bintan, Hasfarizal Handra melalui Kabid Perijinan Alfenni mengatakan, 34 PMA itu sudah memohon izin prinsip pada awal Maret ini.

“Total nilai investasi 34 PMA ini mencapai USD132.772.058 atau berkisar Rp1,8 triliun,” ujarnya di Kantor DPMPTSPTK, Jumat, 23 Maret 2018.

Bupati Bintan Apri Sujadi menuturkan, pertumbuhan ekonomi Bintan sangat dipengaruhi oleh sektor pariwisata. Pihaknya menyambut baik setiap investasi di berbagai bidang tersebut.

“Tentunya kami sangat berharap dengan kehadiran perusahaan-perusahaan yang akan membangun hotel dan villa-villa berstandar bintang lima ini, nantinya akan turut mendongkrak angka kunjungan wisman di Bintan,” ujarnya.

Adapun 34 perusahaan asing yang akan menanamkan modalnya di Lagoi adalah Kemaro Estate, Tayandu Estate, Enggano Estate, Temiyang Estate Villa, dan Boana Estate Villa. Kemudian Nias Estate, Watubela Estate, Mesawak Estate, Tarempa Estate Villa, Hinako Estate, Tinopo Estate, Fordate Estate Villa, Sinabol Estate, dan Tanabala Estate. Perusahaan asing lainnya adalah Gersik Estate, Penasi Estate, Raiba Estate, Subi Estate, Propos Estate, Manipa Estate, Samosir Estate, Manawoka Estate, Senua Estate, dan Tambelan Estate Villa. Selanjutnya Mendol Estate, Marsela Estate, Legundi Estate, Musala Estate, Lasia Estate, Rondo Estate, Mapor Estate, Wetan Estate, Bangkaru Estate, dan The Haven Premier. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *