45 Kepala Sekolah dan Pengawas SMA/SMK Dilantik

Batuaji, BatamEkbiz.Com — Gubernur Kepri, Nurdin Basirun melantik dan mengukuhkan 45 kepala sekolah dan pengawas SMA/SMK di Kota Batam. Pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Batam di Batuaji, Senin, 23 Januari 2016.

Adapun Kepala SMA yang dilantik dan dikukuhkan sebanyak 22 orang, Kepala SMK 7 orang, pengawas SMA 11 orang, dan pengawas SMK 5 orang. Pelantikan dilakukan Gubernur setelah kewenangan pendidikan menengah ini dialihkan dari Pemerintah Kota Batam menjadi tanggungjawab Pemerintah Provinsi Kepri, sesuai amanat Undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.

Gubernur Kepri, Nurdin Basirun dalam sambutannya mengingatkan kepala sekolah dan pengawas yang dilantik untuk bekerja sepenuh hati. “Tadi sudah ada penandatanganan pakta integritas. Sebelum itu ada sumpah jabatan. Saya rasa setelah disumpah seperti tadi, terdetaklah hatinya bahwa kita ini tak lepas dari pengawasan Allah SWT. Saya yakin Bapak/Ibu sudah mendalami itu,” kata Nurdin.

Menurutnya, pendidikan memang membutuhkan biaya yang besar. Tapi meskipun mahal, manfaat atau efeknya sangat besar. Sehingga tidak bisa diukur secara kuantitatif.

“Hari ini katakanlah pendidikan tingkat SMA diserahkan ke Pemprov Kepri. Jadikan ini sebagai peluang berprestasi. Kita berkompetisi, persembahkan yang terbaik,” ujarnya.

Ia berharap para pendidik bisa mempersiapkan murid-murid SMA untuk menghadapi kompetisi setelah lulus nanti. Karena menurutnya, SMA merupakan loncatan untuk menuju kompetisi yang sesungguhnya di tengah masyarakat.

“Waktu saya di Seskoal, anak-anak kita ini didorong untuk masuk ke Akademi Angkatan Laut. Saat di Solo, ratusan yang ikut, sampai ujung-ujungnya dua saja yang tersisa. Bukan masalah fisik, tapi akademisnya yang kurang,” katanya.

Menurut Nurdin, ini harus menjadi catatan bagi para pendidik. Karena ada proses yang harus dilalui anak-anak didik untuk siap terjun ke tengah masyarakat. Dan proses ini harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah, pendidik, dan anak. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *