6 Rumah Rusak dan Jalan Putus Akibat Longsor

Seibeduk, BatamEkbiz.Com — Tingginya curah hujan yang mengguyur kawasan Batam dalam dua hari ini membuat sejumlah wilayah mengalami longsor. Salah satunya terjadi di kawasan Bukit Kemuning, Kelurahan Mangsang, Kecamatan Seibeduk, Minggu (3/1/2016).

Tokoh masyarakat Seibeduk, Fauzan mengungkapkan, longsor pagi itu menyebabkan 4 rumah rusak berat dan 2 rumah rusak ringan. Rumah di kawasan Perumahan Nusa Indah itu berada tepat di bawah Bukit Kemuning.

Tidak hanya itu, jalan aspal Bukit Kemuning-Puri Agung juga terputus dan ambles. Jalan yang baru diaspal itu, kini tak bisa dilewati lagi.

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana longsor tersebut, namun rumah warga rusak parah dan jalan terputus,” ungkapnya.

Sejumlah elemen masyarakat datang silih berganti. Mereka melakukan pembersihan dan memotong dahan-dahan pohon yang tumbang di sekitar lokasi serta memberikan bantuan semampunya.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Batam, Raja Azman mengatakan, pihaknya akan membuat dapur umum untuk mencukupi kebutuhan warga korban longsor. Untuk sementara, para korban longsor akan ditampung di tenda darurat, mengantisipasi terjadinya longsor susulan.

“Kami pindahkan sementara warga menjauh dari lokasi longsor agar lebih aman,” katanya.

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Mangsang, Hubertus LD turut prihatin atas bencana tersebut. Ia mengkritik Pemerintah Kota Batam yang dinilai tidak cermat melakukan studi kelayakan dalam pembangunan jalan.

“Ini pasti ada yang tidak beres. Sehingga berujung dengan longsor tersebut. Seharusnya mereka kan sudah tahu jika jalan di perbukitan rawan longsor, sehingga perlu beberapa langkah untuk mengantisipasi langsor,” katanya.

Hubertus mencurigai pembangunan peningkatan jalan di kawasan itu yang terkesan dipaksakan. Dan pengerjaannya baru selesai akhir Desember lalu.

“Pihak Kejaksaan perlu turun tangan mengusut pembangunan jalan tersebut, apakah sudah benar atau tidak. Kelalaian pemerintah ini sangat berbahaya bagi nyawa masyarakat,” tegasnya. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *