9 Wartawan terpilih meliput daerah ketiga

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Dari 10 wartawan terpilih dari seluruh Provinsi di Indonesia dalam lomba jurnalistik Lembaga Pers Dr. Soetomo (LPDS), akhirnya hanya sembilan wartawan yang mengikuti meliput daerah ketiga (travel fellowship). Sedangkan seorang wartawan dari Palangkaraya gagal mengikuti travel fellowship karena sakit di daerah asal.

Travel fellowship hasil kerjasama dengan Kerajaan Norwegia ini berlangsung selama 10 hari, 18-27 Maret 2014. Wartawan yang mengikuti travel fellowship adalah Desi Safnita Saifan (Kompas Aceh), Dinda Wulandari (Bisnis Indonesia Palembang), Fariana Ulfa (City Radio Medan), Phesi Ester Judikawati (Tempo Bengkulu), Nazat Fitriah (TVRI Kalimantan Selatan), Marga Rahayu (RRI Samarinda), Zaki Setiawan (Koran Sindo Batam), Ma’as (Koran Media Jambi), dan Timoteus Marten (Suluh Papua).

“Setelah mendapatkan pembekalan di Jakarta, peserta travel fellowship akan dibagi ke masing-masing provinsi terpilih untuk meliput perubahan iklim,” ujar Direktur Eksekutif Lembaga Pers Dr Soetomo, Priyambodo dalam pembukaan Travel Fellowship di Gedung Dewan Pers Jakarta, Selasa (18/3/2014).

Pengajar LPDS, Warief Djajanto Basorie menjelaskan, akan menjadi tantangan baru bagi para peserta untuk meliput perubahan iklim bukan di daerah asalnya. Setiap peserta, akan meliput perubahan iklim di satu provinsi terpilih, dan hasil tulisan akan dibedah bersama peserta dan Pengajar LPDS.

“Hasil tulisan peserta, nantinya akan kita susun menjadi sebuah buku tentang peliputan perubahan iklim,” ujar Warief.

Adapun provinsi tujuan dari masing-masing peserta adalah, Desi Safnita Saifan (Kompas Aceh) akan meliput perubahan iklim di Palangkaraya (Kalimantan Tengah), Dinda Wulandari (Bisnis Indonesia Palembang) meliput di Samarinda (Kalimantan Timur), dan Fariana Ulfa (City Radio Medan) meliput di Batam (Kepulauan Riau). Kemudian Phesi Ester Judikawati (Tempo Bengkulu) akan meliput di Pontianak (Kalimantan Barat), Nazat Fitriah (TVRI Kalimantan Selatan) meliput di Medan (Sumatera Utara), dan Marga Rahayu (RRI Samarinda) meliput di Bengkulu (Bengkulu). Sedangkan Zaki Setiawan (Koran Sindo Batam) akan meliput perubahan iklim di Palembang (Sumatera Selatan), Ma’as (Koran Media Jambi) meliput di Jayapura (Papua), dan Timoteus Marten (Suluh Papua) meliput di Banjarmasin (Kalimantan Selatan). (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *