Abdullah Hehamahua Hadir di LK II HMI Batam

Mantan Penasihat KPK Abdullah Hehamahua menjadi pemateri dalam Latihan Kader II dan Training Instruktur tingkat nasional HMI Cabang Batam di Asrama Haji Batam Centre, Kamis (19).Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Mantan Penasihat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abdullah Hehamahua menjadi pemateri dalam Latihan Kader II dan Training Instruktur tingkat nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Batam, di Asrama Haji Batam Centre, Kamis (19/2/2015). Tema tentang supremasi hukum menjadi salah satu pembahasan dalam forum yang berlangsung mulai pukul 13.00 ini.

Menurut Alumni HMI tersebut, supremasi hukum sekarang ini banyak ditarik ke dalam kepentingan politik. Termasuk dalam kasus KPK-Polri yang memanas akhir-akhir ini.

“Dulu DPR terpecah antara KMP dan KIH. Keduanya ibarat kucing dan tikus. Namun begitu kasus KPK-Polri mencuat, mereka menyatu dan mempolitisasi kasus tersebut,” katanya.

Hehamahua menjelaskan, kasus yang menjerat Bambang Widjojanto dan Abraham Samad adalah persoalan lama. Bambang dijerat dalam kasus pemberian kesaksian palsu dalam sengketa Pilkada di Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah pada 2010. Sedangkan Abraham Samad ditetapkan sebagai tersangka dalam pemalsuan dokumen yang terjadi pada 2007.

“Kalau pyur (murni) hukum, silahkan diproses. Tapi kalau persoalan politik, ya itu yang jadi problem,” katanya.

Kepada para peserta pelatihan, Hehamahua berpesan agar sebagai kader HMI menjaga salat lima waktu. Selain itu, ia juga meminta Pengurus Besar HMI memperbaiki kurikulum perkaderan.

“Perkaderan HMI masuk sepuluh besar dunia, tapi kalau follow up training, HMI nomor buntut,” katanya.

LK II dan Training Instruktur tingkat nasional digelar HMI Cabang Batam mulai 16 hingga 24 Februari. Menurut Ketua Umum HMI Cabang Batam Andri Fitriyanto, pelatihan tingkat nasional ini diikuti 68 kader HMI dari berbagai daerah di Indonesia. Terdiri dari 45 peserta LK II dan 23 peserta Training Instruktur.

“Pesertanya ada dari Bandung, Jakarta, Aceh, Medan, Padang, Palembang, Tembilahan, Rengat, Pekanbaru, Batam, Tanjungpinang, dan dari daerah lainnya,” katanya. (R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *