Ada 400 Jenis Layanan di Mal Pelayanan Publik Batam

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) Kota Batam, Gustian Riau mengatakan, ada 126 jenis layanan perizinan dan non perizinan Pemko Batam yang pindah ke mal pelayanan publik. Sebanyak 71 layanan berada di bawah penugasan DPM PTSTP, selebihnya organisasi perangkat daerah lain, seperti Dinas Kesehatan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Tenaga Kerja, Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah, dan sebagainya.

Selain Pemko Batam, di mal pelayanan publik juga diisi instansi lain. Di antaranya Badan Pengusahaan (BP) Batam, Kantor Kementerian Agama Batam, Badan Pertanahan Nasional, Imigrasi, Bea dan Cukai, Samsat, PTSP Provinsi Kepri, serta kabupaten/kota lain. Kemudian Polda Kepri, Polresta Barelang, Kejaksaan Negeri Batam, Kementerian Hukum dan HAM, dan Kementerian Tenaga Kerja.

Instansi non pemerintah pun membuka konter layanan di MPP. Seperti Kadin, REI, notaris, pejabat pembuat akte tanah, BPJS Ketenagakerjaan, BPJS Kesehatan, ATB, PLN, serta perbankan.

“Ada lebih dari 400 jenis layanan perizinan dan non perizinan yang bisa masyarakat dan investor dapatkan di sini,” katanya, kemarin.

Gustian menjelaskan, awal pekan ini pekerjaannya adalah persiapan perangkat dan memasukkan barang. Ia menargetkan lima hari sebelum peresmian kondisi mal pelayanan publik sudah benar-benar siap dari segala aspek.

Untuk Pemko, kata Gustian, seluruh perangkatnya merupakan barang baru. Karena komputer-komputer yang dipakai di PTSP lama tergolong tua. Selain itu, jumlah loket pelayanan pun bertambah, maka perlu peralatan baru.

“Komputer lama itu tahun 2010. Dan modelnya di bawah meja, ini di atas meja, yang lebih canggih. Konternya juga dulu cuma enam, sekarang 21,” kata dia.

Sementara itu Walikota Batam, Muhammad Rudi mengerahkan Satpol PP dan Pemadam Kebakaran untuk membersihkan gedung Sumatera Promotion Centre, lokasi mal pelayanan publik. Hal ini dilakukan sebagai bagian dari persiapan launching MPP, pertengahan Desember mendatang.

Peresmian mal pelayanan publik rencananya dilakukan langsung oleh Presiden Joko Widodo pada 13 Desember. Agenda Presiden di Batam nantinya tak hanya peluncuran mal pelayanan publik, tapi juga peresmian jalan layang Laluan Madani, penyerahan sertifikat tanah BPN, dan menghadiri Rakornas Kadin. (hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *