Airlangga Hartarto Tinggal Tunggu Proses di Internal Golkar

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Airlangga Hartarto mengaku tinggal menunggu proses yang masih berjalan di internal partai untuk maju sebagai Calon Ketua Umum Partai Golkar. Menteri Perindustrian ini juga mengaku telah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo.

“Beberapa hari lalu saya sudah izin ke Presiden dan sudah diizinkan. Dengan demikian tinggal nunggu proses di internal Golkar dan sesuai rapat pleno kita nunggu dulu,” ujarnya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Terkait posisinya di kabinet kerja jika terpilih menjadi ketum Golkar, Airlangga enggan berkomentar. “Kita bicarakan bertahap,” ucapnya.

Sementara itu menanggapi pencalonan Airlangga Hartarto yang dijagokan untuk menjadi pengganti Setya Novanto sebagai Ketua Umum Partai Golkar, Presiden Jokowi menegaskan, bahwa itu urusannya Partai Golkar. “Urusannya internal Partai Golkar,” tegasnya usai menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Ulang Tahun ke-46 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), di lapangan Silang Monas, Jakarta.

Soal apakah Airlangga sudah mendapatkan restu darinya, Presiden mengatakan, bahwa sebagai menteri yang memiliki keinginan tentunya menyampaikan. Namun apakah boleh Airlangga kelak merangkap jabatan sebagai Ketua Umum Partai Golkar dan Menteri Perindustrian, Presiden Jokowi mempertanyakan, yang mau merangkap itu siapa.

“Ini urusan internal partai Golkar saja belum rampung kok ngerangkap,” ujarnya

Wacana majunya Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar juga mendapat dukungan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Kalla mengatakan, ada banyak persyaratan untuk menjadi Ketua Umum Partai Golkar, di antaranya harus pernah menjadi pengurus minimal lima tahun. Selain itu, calon ketua umum harus bersih dan loyal kepada partai.

“Di antara semua calon yang muncul, saya kira Airlangga yang paling kurang masalahnya,” katanya. (inn)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *