Amankan Obvitnas, PT Timah dan Polda MoU

Baloi, BatamEkbiz.Com — Dalam rangka mengamankan obyek vital, PT Timah (Persero) Tbk menandatangani kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Polda Kepri, Selasa, 28 Februari 2017.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Direktur Utama PT Timah Mochtar Riza Pahlevi Tabrani dan Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian.

Mochtar mengatakan, perusahaan tambang timah di Pulau Kundur, Kabupaten Karimun ini telah ditetapkan sebagai objek vital nasional (obvitnas) oleh negara. Kerja sama pengamanan dengan Polda Kepri sangat membantu bagi kelancaran usaha perusahaan dengan hasil produksi mencapai 30 ton per hari ini.

“Penandatanganan MoU kali ini merupakan lanjutan dari kerja sama pengamanan di lingkup areal pertambangan PT Timah yang telah berakhir tahun ini. Selain pertambangan, juga ada smelter di pulau (Kundur) tersebut,” katanya.

Sementara Irjen Sam mengatakan, pihaknya siap mengamankan perusahaan seluas 45 ribu hektar tersebut dari segala gangguan. Hal ini untuk mendukung upaya pemerintah dalam meningkatkan pendapatan dari sektor-sektor pertambangan. Mengingat sektor pertambangan merupakan pendapatan negara terbesar yang sifatnya strategis dan banyak kepentingan negara di sana.

“PT Timah merupakan objek vital nasional, sehingga harus mendapatkan pengamanan dari negara. Pengamanan objek-objek vital nasional ini menjadi atensi Presiden Joko Widodo dan Kapolri (Jenderal Tito Karnavian),” katanya.

Menurut Kapolda, selama ini,kerja sama kedua belah pihak sudah berjalan baik. Pada kondisi normal, sebanyak 20 personel kepolisian akan membantu pengamanan PT Timah. Namun pada kondisi tertentu bisa ditingkatkan

“Nanti akan sama-sama mengamankan, dari PT Timah juga ada pengamanan. Dengan upaya bersama-sama, keberadaan objek vital nasional bisa terus dijaga dari berbagai ancaman, karena sangat potensial menjadi target ancaman dan gangguan kamtibmas termasuk kemungkinan terjadinya kecelakaan kerja dan kebakaran dalam skala besar,” ujarnya. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *