Badko HMI Riau-Kepri Desak Penetapan Cawagub Kepri

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Badan Koordinasi (Badko) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Riau-Kepri menyoroti lambannya Gubernur Kepri dan partai politik (parpol) pengusung dalam menetapkan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Kepri untuk diajukan ke DPRD Kepri. Lambannya penetapan Cawagub Kepri dikhawatirkan berdampak pada roda pemerintahan di Pemprov Kepri menjadi tidak efektif.

“Badko HMI Riau-Kepri mendesak Gubernur Kepri segera menetapkan wakilnya agar bisa share of job atau berbagi tugas dan roda pemerintahan berjalan efektif,” ujar Ketua Umum Badko HMI Riau-Kepri, Sudirman saat ditemui di Batam Centre, pekan lalu.

Sudirman memaparkan, sebagai wilayah kepulauan dengan 5 kabupaten dan 2 kota, 47 kecamatan, 274 kelurahan/desa, serta 2.408 pulau besar dan kecil, Kepri membutuhkan perhatian serius dari kepala daerah. Apalagi dengan luas wilayah Kepri sebesar 252.601 km², sekitar 95 persennya merupakan lautan dan hanya sekitar 5 persen saja yang daratan.

Melihat kondisi geografis tersebut, Kepri yang dihuni sekitar 1,6 juta penduduk tidak mungkin hanya diurusi oleh seorang gubernur saja. Harus ada yang membantu gubernur agar roda pemerintahan di Provinsi Kepri bisa berjalan baik.

Apalagi dengan belum terpilihnya Sekretaris Daerah definitif. Wajar jika akhirnya APBD Kepri yang mencapai Rp3 triliun tidak mampu terserap dengan maksimal. Serapan APBD Kepri per Agustus 2016 saja baru mencapai 37 persen.

Kepala daerah pada prinsipnya harus dekat dengan rakyatnya. Artinya gubernur harus turun langsung melihat bagaimana keadaan masyarakatnya. Nah, ketika tanpa wakil, bagaimana gubernur bisa hadir di tengah masyarakat jika sewaktu-waktu ada dua atau lebih kegiatan di tempat berbeda yang harus dihadiri di waktu bersamaan.

“Atas dasar inilah penetapan Wagub Kepri sangat mendesak, sehingga bisa berbagi tugas untuk mengurusi internal pemerintahan dan gubernur bisa fokus dengan dimensi penerapan dan berpikir yang sifatnya strategis,” katanya. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *