Thursday, 24 July 2014
NEWS TICKER
PPDB SMAN 1 Batam, nilai rapor tertinggi 92,92 »  Indikasi pungli di penerimaan murid baru mulai tercium »  Batam Kota juara mobil hias pawai takbiran »  Kredit rumah lunas, sertifikat tak kunjung diserahkan »  Inilah pemenang MTQ Batam ke-27 »  Buruh tuntut upah 2015 naik 30 persen »  Palsukan berkas CPNS bisa dipidana »  Tuntutan honorer K2 Batam kandas »  DPRD awasi penerimaan murid di SMPN 10 »  MTQ Nasional 2014 lombakan 7 cabang »  KPU siapkan dispensasi »  Kontrak putus sambung, standar gaji dibawah UMK »  Inilah lokasi TPS di Kelurahan Tanjung Sengkuang, Batam »  Mandiri dan terampil bersama LKP Amani »  Awas, ATM tertelan mesin saat mati lampu »  Honor penari MTQ disunat »  Rekening gendut PNS Batam diduga milik Kasubid perempuan »  Werton raih suara terbanyak di Sei Beduk »  Empat perusahaan lolos tender pengelolaan sampah jadi energi »  48.571 Relawan Gabung di Deklarasi Kopi Jokowi » 
 
Home » Hiburan » Batam Kota juara mobil hias pawai takbiran
HIBURAN

Batam Kota juara mobil hias pawai takbiran

Sunday, 11 August 2013 - 279 Views

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Pawai takbiran malam lebaran tingkat Kota Batam, akhirnya dimenangkan oleh mobil hias dari Kecamatan Batam Kota. Mobil hias dengan miniatur Jembatan Barelang ini, meraih juara 1 dengan hadiah Rp10 juta.

Pawai takbir malam lebaran tingkat Kota Batam ini, dilepas oleh Walikota Batam beserta unsur muspida di depan Masjid Agung Batam Centre, Rabu (7/8/2013) malam. Dengan rute dari Engku Putri menuju Simpang Kabil, Muka Kuning, Simpang Tembesi dan finish di Simpang Base Camp Batuaji.

Jembatan Barelang yang jadi miniatur mobil hias Kecamatan Batam Kota, di desain diatas bak truk bagian belakang. Miniatur Jembatan Barelang ditonjolkan melalui dua gerbang jembatan di sisi kanan dan kiri.

Dari dua gerbang tersebut, ditempatkan tali yang dihubungkan ke bagian kepala truk yang didesain dengan kubah masjid. Dengan hiasan lampu kerlap-kerlip di setiap talinya, dan lafadzh Allah di gerbang Jembatan Barelang, miniatur mobil hias ini terlihat kokoh dan gemerlap dengan cahaya.

Kemudian ditengah antara gerbang jembatan dan ujung tali, dimanfaatkan oleh tim Kecamatan Batam Kota untuk menabuh bedug. Mengiringi lantunan takbir yang dikumandangkan sepanjang perjalanan.

Pawai takbiran batamSementara itu untuk juara 2, diraih Kecamatan Sei Beduk dengan miniatur masjid Muhammad Ceng Ho. Miniatur yang didesain memadukan nuansa Tiongkok dan Arab ini, terlihat menawan dengan balutan warna merah.

Nuansa arsitektur Tiongkok semakin kental dengan bangunan atap yang menyerupai pagoda. Dengan sejumlah lampion yang tergantung dibawah atap miniatur masjid.

Nama Ceng Ho, selalu melekat dalam setiap desain miniatur dalam pawai takbiran dari Kecamatan Sei Beduk. Tahun sebelumnya, Kecamatan Sei Beduk menampilkan miniatur kapal Laksamana Ceng Ho dan berhasil menyabet Juara II dalam pawai takbiran tingkat Kota Batam.

Pembuatan miniatur masjid Muhammad Ceng Ho, memanfaatkan sebuah truk pasir, sejenis Canter. Dari badan truk, dimodifikasi dengan kayu dan triplek di sekeliling truk, hingga menghasilkan miniatur masjid yang menarik dan menawan.

“Jadi juara 2, kami mendapatkan hadiah Rp7 juta,” ungkap salah seorang tim dari Kecamatan Sei Beduk, Said Anhari.

Menurut Said, perlu kesukarelaan dan hobi untuk mendesain mobil hias dalam pawai takbiran malam lebaran. Karena jika hanya berorientasi pada hadiah, tidak akan sebanding dengan biaya yang dikeluarkan untuk pembuatan mobil hias yang menarik.

“Miniatur masjid Muhammad Ceng Ho dikerjakan oleh sekitar 10 orang selama Ramadhan. Untuk pengerjaannya saja, biayanya tak kurang dari Rp10 juta, belum lagi perlengkapan, sewa mobil, genset dan aksesoris lainnya,” kata Said. (R02)

Related Post