Batam Tawarkan Wisata Rohani di Destinasi Religi

BatamEkbiz.Com — Selain menawarkan pesona pantai, Batam juga memiliki atmosfer destinasi religi. Mengunjungi destinasi religi bukan hanya mendapat pengalaman baru, tapi juga bias meningkatkan kadar keimanan kita.

Dimanakah destinasi religi di Batam? Ada beberapa tempat, di antaranya Masjid Raya Batam yang kini berubah namanya menjadi Masjid Agung Batam di Batam Centre, Masjid Jabal Arafah di Nagoya, Vihara Duta Maitreya di Seipanas, Klenteng Tua Pek Kong di Windsor, Pura Agung Amerta Bhuana di Baloi, dan lainnya.

Masjid Agung Batam lokasinya tidak jauh dari Pelabuhan Internasional Batam Centre, pusat keluar masuk arus penumpang dari Singapura dan Malaysia. Masjid yang dirancang Arsitek Seribu Masjid, Ir Achmad Noe’man dengan luas bangunan sekitar 2.515 meter persegi ini mampu menampung lebih dari 3.500 jamaah.

Berbeda dengan Masjid Agung Batam yang lokasinya di sekitar pusat kantor pemerintahan, Masjid Jabal Arafah justru dibangun di sekitar pusat kawasan bisnis di Batam. Masjid yang ada di Jalan Imam Bonjol, Nagoya ini dibangun oleh pengusaha dan politisi yang kini menjadi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur pada 2013. Keunikan dari masjid ini adalah adanya perpustakaan modern dan menara dengan ketinggian sekitar 60 meter. Di menara ini, kita bisa melihat gedung-gedung di sekitar Nagoya hingga negara tetangga.

Destinasi religi yang juga tak pernah sepi dikunjungi wisatawan setiap akhir pekan adalah Vihara Duta Maitreya, vihara terbesar di Asia Tenggara. Vihara ini dibangun sejak 1991 di atas lahan seluas 4,5 hektar.

Bagi masyarakat Konghucu, mengunjungi Batam rasanya belum lengkap bila tidak mampir ke Klenteng Tua Pek Kong atau Vihara Budhi Bhakti Tua Pek Kong Bio di kawasan Windsor. Klenteng ini didirikan sejak tahun 1970 dan selalu dipadati pengunjung pada hari-hari besar tertentu untuk bersembahyang dan meminta rezeki.

Saat mengunjungi destinasi-destinasi religi ini, sebaiknya perhatikan beberapa hal. Di antaranya berpakaian pantas dan sopan, ada beberapa tempat yang tidak boleh diinjak kaki bersepatu atau bersandal, tidak berisik, tidak makan minum di tempat ibadah, dan jangan meludah sembarangan.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *