batamekbiz.com raih Journalist Awards akuntabilitas

Batamkota, BatamEkbiz.Com — Media online www.batamekbiz.com kembali berhasil meraih penghargaan tingkat nasional Journalist Awards 2014. Program untuk mendorong terciptanya transparansi dan akuntabilitas proses penyelenggaraan negara ini digagas oleh The Jawa Pos Institute Pro-Otonomi (JPIP) dengan dukungan United States Agency for International Development (USAID-Indonesia).

Reporter www.batamekbiz.com Zaki Setiawan memenangkan juara III kategori jurnalis online dengan liputan berjudul “Data Penerima Dana Bergulir Akhirnya Terbuka”. Juara I dalam kategori ini dimenangkan oleh Agung Sedayu dari tempo.co dengan judul “Seleksi Serampangan Punggawa Penyiaran dan juara II oleh Aryo Bhawono dari detik.com dengan judul “Reshuffle… Tidak… Reshuffle”.

“Ini merupakan penghargaan kedua kalinya yang dimenangkan oleh reporter www.batamekbiz.com di tingkat nasional. Sebelumnya kami juga pernah meraih penghargaan untuk liputan perubahan iklim yang digelar oleh Lembaga Pers Dr Soetomo (LPDS) Jakarta,” ujar Zaki di Batam Centre.

Menurut Zaki, pengumuman kemenangannya dalam Journalist Awards 2014 disampaikan oleh Panitia melalui email yang diterima pada Kamis (4/9) sore. Anugerah ini diberikan sebagai apresiasi terhadap karya-karya jurnalistik yang dinilai turut mendorong peningkatan kinerja akuntabilitas lembaga-lembaga negara.

Proses seleksi dilakukan oleh Tim Evaluator Program Akuntabilitas! dan dilanjutkan penilaian oleh Tim Juri Independen yang terdiri dari sejumlah jurnalis senior dan perwakilan lembaga negara. Tim Juri Independen diketuai oleh anggota Komisi Yudisial RI Imam Anshori Saleh.

Dalam kaitan itu, JPIP mengundang reporter www.batamekbiz.com Zaki Setiawan untuk menghadiri Penganugerahan Journalist Awards SIAP II-2014 dan Pembukaan Simposium Nasional “Sinergi Komunikasi untuk Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Pemerintahan”. Simposium nasional itu akan dilaksanakan di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (9/9).

“Melalui penghargaan ini, kami mendorong badan-badan publik untuk mampu meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam tugas dan tanggung jawab yang dilakukan,” ujar Zaki. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *