Bawaslu Batam Bintek Aplikasi SAS

Nagoya, Batam Ekbiz.Com,- Untuk meningkatkan penyusunan laporan keuangan Panwascam yang akuntabel dan upaya memperhatikan opini yang WTP, Bawaslu Kota Batam mengadakan bintek aplikasi sas, Rabu 28 November 2018 di Bizz Hotel.

Bintek aplikasi sas , diikuti oleh 12 kecamatan yang terdiri dari Ketua Panwascam, Kepala Sekretariat Panwascam, Bendahara Kecamatan dan operator sas. Untuk narasumber dari BPKP dan staf dari Bawaslu Provinsi.

Ketua Bawaslu Kota Batam Reza mengatakan, untuk laporan keuangan di Panwascam yang membuat Sekretariat dan yang mengambil uang di Bawaslu Kota Batam juga Bendahara kecamatan .

Kepala Sekretariat Bawaslu Kota Batam Arifin menjelaskan, laporan keuangan Panwascam harus cepat selesai, biar uang operasional bisa dicairkan, kontrak Bawaslu Kota Batam sudah selesai tinggal menunggu pencairan, Rab yang merevisi murni dari Provinsi.

Belajar hasil dari review BPKP, kantor Panwascam ada perbedaan, diharapkan tahun 2019 lebih baik lagi,” jelas Arifin.

Damang Wismadi dari BPKP Prov.Kepri dalam materinya menyampailan mengenai penyusunan laporan keuangan yang akuntabel dan upaya memperhatikan opini WTP di lingkungan Bawaslu Kota Batam, kiat – kiat laporan pertanggungjawaban keuangan .

Kegiatan harus realitis dan harus berpedoman pada POAC ( Planing, Organising, Actuating dan Controling), Benar tidaknya RKA berdasarkan HPS ( survey harga terakhir dari penjual), dan harus melakukan pencocokan data.

Membuat laporan keuangan harus jujur, kalau tidak jujur berarti laporan keuangan yang dibuat merupakan laporan keuangan sampah, ” jelas Damang. ( Adi )




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *