Bawaslu Harus Profesional Dan Berintegritas

Tanjungpinang, Batam Ekbiz.Com,-
Demokrasi untuk mempersatukan bangsa dan bukan untuk memecahbelah bangsa,” jelas Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKKP ) RI Harjono, dalam rapat kordinasi daerah (Rakorda ) penguatan sumber daya manusia (SDM) Badan Pengawas Pemilu Kabupaten/Kota serta Panwaslu Kecamatan Se-Provinsi Kepri, Senin 28 Januari 2019 di hotel CK Tanjungpinang.

Bawaslu memounyai tugas menyelesaikan persoalan yang bisa memecah belah bangsa dalam Pemilu.

Untuk mengawal pemilu membutuhkan Bawaslu yang profesional dan berintegritas, ‘ungkap Harjono

Ini harus dilakukan dengan baik. Kita sudah punya prinsip dan asas Pemilu, yakni langsung, umum, bebas dan rahasia,” ujarnya

Bawaslu tidak boleh memihak dan independensinya sangat diuji dalam Pemilu 2019. Supaya Pemilu berjalan dengan langsung, umum, bebas dan rahasia itu bisa terwujud dibutuhkan Bawaslu yang berintegritas,”jelas Harjono.

Wakil Gubernur Kepri Isidanto, mengatakan rakerda yang dilaksanakan diharapkan bisa meningkatkan pengetahuan dan Sumber Daya Manusia (SDM) anggota Bawaslu di Provinsi Kepri dalam meningkatkan kinerjanya.

“Atmosfer Pemilu tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Maka seluruh anggota Panwaslu harus lebih siap dan berintegritas ,menegakan keadilan jalannya Pemilu.

Berkaca dari
penyelenggaraan pemlu sebelumnya, hendaknya apa yang dinilai tidak benar agar tidak terjadi lagi di tahun ini,” jelas Isdianto.

Isdianto berharap anggota Bawaslu /panwaslu Kecamatan yang mengikuti rakerda, dapat lebih baik. Meskipun sebelumnya juga sudah baik. Marilah kita jaga integritas dan tanggung jawab kerja kita masing-masing,”ungkap Isdianto.

Ketua Bawaslu Kepri, M Sjahri Papene mengatakan, rapat kerja daerah pertama yang diselenggarakan Bawaslu Kepri, melibatkan seluruh pengawas Pemilu dari seluruh kabupaten dan kota hingga tingkat kecamatan.

“Tujuanya adalah untuk meningkatkan koordinasi dan konsolidasi dari atas ke bawah dan sebaliknya demi meningkatkan peran dan fungsi pengawasan Pemilu di Kepri, dan bertanggungjswab sepenuhnya atas pengawasan jalannya pemilu di Provinsi Kepri,”jelasnya.(RO2)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *