BI Kepri gelar pelatihan dan outbond wartawan di kawasan Danau Toba

Medan, BatamEkbiz.Com — Pramugari Citilink menginformasikan pesawat akan segera mendarat, penerbangan Batam-Medan selama 1 jam 10 menit terasa menyenangkan sore itu. Gemerlap cahaya lampu seolah menjadi tanda selamat datang, saat pesawat tiba di Bandara Kualanamu, Medan, Jumat (15/11/2013) sekira pukul 18.15 WIB.

Dari Bandara Kualanamu, beserta belasan wartawan cetak dan elektronik lainnya, kami meluncur menuju Taman Simalem Resort di perbukitan barat laut Danau Toba, salah satu danau tertinggi dan terdalam di dunia. Simalem dalam bahasa Batak Karo berarti sejuk dan nyaman. Taman Simalem Resort yang berada di Kecamatan Merek-Sidikalang KM 9, Kabupaten Kaban Jahe, Sumatera Utara bisa ditempuh sekitar 45 menit perjalanan dari kota wisata Berastagi. Atau juga dapat dicapai dalam waktu sekitar 4 jam melalui jalan darat dari Medan, ibukota Provinsi Sumatera Utara.

Ini kali pertama saya menjejakkan kaki di daerah Sumatera Utara. Sebelumnya, saya sudah banyak mendengar mengenai Medan dan sejumlah keindahan alamnya, salah satunya Danau Toba. Tiga hari di Medan, Jumat-Minggu (15-17/11/2013) dalam Media Gathering bersama Bank Indonesia (BI) Perwakilan Provinsi Kepri, kami seolah tak pernah puas mengabadikan panorama alam Danau Toba dari kawasan resort seluas 206 hektar ini.

Udara segar, sejuk dan dingin di suhu 12-14 derajat celcius mengiringi kehadiran rombongan Media Gathering BI di resort yang dikembangkan sebagai tujuan wisata dengan mengintregasikan pertanian dan kegiatan eko-wisata dalam satu kawasan ini. Sekitar 25 hektarnya telah ditanami jeruk, biwa, markisa, teh, kopi, dan alpukat. Sedangkan 130 hektarnya merupakan hutan yang dilindungi.

Sejumlah fasilitas siap memanjakan para pengunjung yang datang ataupun menginap. Diantaranya Agro Tourism, Baggage/buggy, Business Centre Services, Camping, Nursery yang merupakan rumah pembibitan di Pangambatan Valley, Kodon kodon Cafe, Riverside Place, Toba Cafe, Outward Bound di Pengambatan Valley dengan tantangan flying fox 128 meter dan berbagai permainan menantang seperti Jembatan Vietnam, Panjat Tebing, Vihara dan lainnya.

“Saat ini Taman Simalem Resort terus mengembangkan sejumlah fasilitas yang saat ini baru mencapai sekitar 40 persen,” ungkap David, Public Relation Taman Simalem Resort.

Media Gathering diselenggarakan BI Provinsi Kepri untuk memberikan pembekalan terhadap wartawan Kepri dan Sumatera Barat terkait perekonomian. Agar wartawan dapat memahami kebijakan yang dilakukan BI dan menyebarluaskan dengan bahasa yang mudah dipahami masyarakat.

“Peran wartawan dan media sangat penting dalam mendukung kebijakan BI dan pemerintah terkait perekonomian. Kegiatan ini untuk memberikan persepsi yang sama tentang perekonomian, seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi dan lainnya,” ujar Kepala BI Perwakilan Kepri, Gusti Raizal Eka Putra. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *