Bina Marga dan LPM Mangsang Bahu Membahu Atasi Banjir di Seibeduk

Seibeduk, BatamEkbiz.Com — Banjir yang selama ini menghantui masyarakat Kecamatan Seibeduk, kini berkurang drastis. Sejumlah pihak ikut turun tangan mengatasi banjir, mulai dari Bina Marga Kota Batam, Kecamatan Seibeduk, kelurahan, dan LPM Mangsang.

Anggota Satpol PP Seibeduk, Bernadius Sianturi mengungkapkan, Pemko Batam menurunkan alat berat untuk menormalisasi sejumlah titik yang sering memicu banjir selama ini.

“Ada satu alat berat jenis belco dan empat truk yang diturunkan untuk melakukan pengerukan di sejumlah parit-parit utama,” katanya, Kamis (11/1).

Bernadius menjelaskan, pekerjaan normalisasi kali ini difokuskan di parit induk Jalan S. Parman, mulai dari depan perumahan Bidadari, SPBU, hingga Bidaayu. Sebelumnya pengerukan juga dilakukan di drainase sekitar Rusun Anggrek dan kawasan Simpang GMP, Kelurahan Duriangkang.

“Kami ingin image selama ini bahwa Seibeduk sering banjir tidak ada lagi,” tegasnya.

Sementara itu Ketua LPM Mangsang, Hubertus mengapresiasi langkah-langkah pengentasan banjir di Seibeduk, seperti pengerukan dan normalisasi. Dia menilai langkah tersebut sangat efektif mengatasi banjir di kawasan Seibeduk.

Meski demikian, dia berharap penanganan tersebut tidak bersifat sementara. Untuk itu Hubertus mendesak Pemko Batam agar terus menyiagakan peralatan berat guna mengantisipasi banjir di Seibeduk. Pihaknya juga akan terus memantau penanganan banjir di Seibeduk, seperti yang sekarang berlangsung di Jalan S. Parman, Kelurahan Mangsang.

“Kami juga mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan agar tidak menghambat kelancaran arus air,” katanya. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *