BP Akan Terapkan Label Rokok Noncukai

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menerapkan label berbayar pada rokok noncukai. Tujuannya agar mudah dikontrol dan bisa memberikan pendapatan melalui penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

“Untuk melacak keberadaan rokok noncukai, akan diterapkan traffic system. Sehingga ketika berada di kapal, rokoknya akan terlacak dan masuk ke sistem, baik itu berasal dari Batam maupun luar Batam,” jelas Direktur Lalu Lintas Barang BP Batam, Tri Novianta Putra, Rabu, 29 Maret 2017.

Tri memaparkan, dasar hukum terkait rokok diatur dalam Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2007 tentang Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB). Kemudian Peraturan Pemerintah Nomor 10 Tahun 2012 tentang Perlakuan Kepabean Perpajakan dan Cukai serta tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari serta berada di kawasan yang telah ditetapkan sebagai KPBPB. Ada juga Permenkeu 47/PMK.04/2012 tentang tata laksana pemasukan dan pengeluaran barang ke dan dari kawasan yang ditetapkan sebagai KPBPB dan pembebasan cukai. Perka Nomor 15 Tahun 2016  tentang ketentuan pemasukan barang kena cukai berupa hasil tembakau dan minuman beralkohol yang mendapat pembebasan cukai ke dalam KPBPB Batam.

Sedangkan metode penetapan jumlah pemasukan barang kena cukai ditetapkan dalam surat keputusan BP Batam. Dengan mempertimbangkan jumlah realisasi pemasukan dalam tiga tahun terakhir, jumlah permohonan dari seluruh importir dan produsen di dalam negeri, atau perkiraan jumlah konsumsi di kawasan bebas Batam berdasarkan hasil survei yang telah dilakukan.

“Kuota produk hasil tembakau periode I tahun 2017 adalah 400.896.485 batang dan diberikan kepada 33 perusahaan. Surat keputusan penetapan jumlah dan jenis serta persetujuan pemasukan produk hasil tembakau tanpa cukai khusus kawasan bebas Batam dikeluarkan akhir Februari 2017,” paparnya. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *