BP Batam Segera Bangun Pengolahan Limbah Perumahan

Batam Center, BatamEkbiz.Com  – Badan Pengusahaan (BP) Batam akan membangun instalasi pengolahan air limbah (IPAL). Mengingat jumlah penduduk yang terus bertambah dan sekarang mencapai 1,2 juta jiwa, mengurangi dampak lingkungan akibat tingginya produktivitas air limbah domestik, serta mengurangi pencemaran waduk yang merupakan sumber air bersih.

Deputi 4 BP Batam Bidang Pengusahaan Sarana Lainnya, Purba Robert Sianipar mengatakan, pembangunan IPAL di Batam akan dimulai akhir Agustus ini dan diperkirakan selesai pada 2019. Anggarannya sekira USD43 juta. Dana tersebut merupakan pinjaman dari Korea Selatan.

“BP Batam hanya sebagai pelaksana. Pembiayaan menggunakan pinjaman dari pemerintah Korea dan nantinya akan dibayarkan oleh negara,” ungkap Robert saat sosialisasi proyek pembangunan IPAL di Hotel PIH Batam Centre, Selasa 15 Agustus 2017.

Nantinya ada tujuh IPAL yang akan dibangun. Tahap pertama akan dibangun di Batam Center dan ada 43 perumahan yang terkena instalasi pipanya.

“Instalasi pipa untuk IPAL mencapai 114 kilometer dengan 43 perumahan di Batam Center untuk tahap pertama,” kata Iyus Rusmana, Kepala Bidang Pengolahan Limbah BP Batam.

Menurut Iyus, nantinya limbah rumah tangga akan dialirkan ke pipa IPAL, kemudian diproses dan dialirkan. Pengolahan limbah sudah menggunakan teknologi tinggi dengan pipa berkualitas. Pipanya sendiri ada tiga, berasal dari Korea, Cina, dan lokal.

“Pembangunan IPAL ini ramah lingkungan, airnya jernih dan tidak berbau,” katanya. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *