BPJS Kesehatan Deteksi Dini Kanker Serviks

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Kanker merupakan salah satu penyakit dengan biaya pengobatan tinggi. Data klaim BPJS Kesehatan secara nasional pada 2016 untuk penyakit kanker serviks mencapai Rp56,5 miliar untuk 12.820 kasus di tingkat pelayanan rawat jalan tingkat lanjut (RJTL).

“Sedangkan untuk tingkat rawat inap tingkap lanjutan ada 6.938 kasus dengan klaim mencapai Rp87,1 miliar,” ungkap Kepala BPJS Kesehatan Batam, Tavip Hermansyah dalam pemeriksaan IVA/Pap Smear di Hotel PIH Batam Centre, Jumat 21 April 2017.

Pemeriksaan Pap Smear dilakukan untuk mendeteksi dini kanker serviks pada perempuan Batam. Dalam kegiatan ini, BPJS Kesehatan Batam menggandeng Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Kerja. Program inni juga wujud dukungan BPJS Kesehatan terhadap Implementasi Gerakan Masyarakat Sehat (IGMS) sesuai instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017.

“Melalui kegiatan ini, kami ingin para perempuan di Batam semakin sadar untuk memeriksakan diri agar terhindar dari kanker serviks yang di Indonesia setiap jam merenggut satu nyawa. Jangan sampai masuk stadium lanjut baru diketahui dan diobati,” kata Tavip.

Tavip menjelaskan, pemeriksaan kanker serviks atau kanker leher rahim dijamin dalam program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya sendiri.

“Pemegang kartu JKN-KIS bisa memaanfaatkannya untuk periksa di fasilitas kesehataan yang ditunjuk. Meski hingga pengobatan stadium lanjut ditaanggung, tapi alangkah baiknya jika menjaga agar hal itu tidak terjadi, agar para perempuan bisa tetap sehat dan produktif,” katanya.

Menurut Tavip, kasus pada stadium lanjut sulit untuk disembuhkan dan mengakibatkan penyakit ini menjadi pembunuh terbanyak kedua kaum perempuan di Indonesia setelah kanker payudara. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *