BPJS Ketenagakerjaan Bayar Klaim JHT Rp168 Miliar

Nagoya, BatamEkbiz.Com — Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Batam Nagoya mencatat pertumbuhan pembayaran klaim didominasi pada Jaminan Hari Tua (JHT). Semester pertama tahun berjalan saja, sudah mencapai Rp168 miliar dari total pembayaran Rp178 miliar.

Pejabat  Pelaksana Sementara (PPS) Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Batam Nagoya A Fauzan menuturkan, klaim JHT sejak lahirnya BPJS ini merupakan terbesar setiap tahunnya. Pada 2014 saja, jumlah tersebut mencapai Rp166 miliar dari total pembayaran klaim sebesar Rp183 miliar. Setahun kemudian, mencapai Rp277 miliar dari total Rp293 miliar.

“Sementara semester pertama tahun ini saja sudah menembus angka Rp168 miliar untuk klaim JHT. Kalau dilihat pertumbuhan, 2014 ke 2015 mencapai 67 persen,”ujar Fauzan, Kamis (15/9).

Sementara semester pertama 2016 ini, untuk klaim Jaminan kecelakaan kerja, sebesar Rp7,8 miliar, Jaminan kematian Rp1,4 miliar dan Jaminan Pensiun sebesar Rp41 juta.

Bila dilihat jumlah kasusnya, lanjut Fauzan JHT tentu tertinggi. Saat ini sudah ada 22,997 kasus dari 25,029 kasus yang ditangani semester pertama.

Meski demikian, kata Fauzan, banyak diantara yang mencairkan JHT ini bukan dari kalangan orang tua. Mereka umumnya masih muda dan produktif.

“Banyak yang mencairkan masih muda,”ujarnya.

Beragam jaminan di BPJS Ketenagakerjaan tentu memberi manfaat yang sangat baik bagi tenaga kerja. Karena seluruh pertanggungan dicover guna kesejahteraan mereka.(hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *