Bupati Bintan Terima Penghargaan UKM Tingkat Nasional

BINTAN – Bupati Bintan Apri Sujadi  menerima langsung Penghargaan Natamukti dari Kementerian UMKM Republik Indonesia di Jalan HR Rasuna Said, Lantai.2 , Jakarta Selatan, Selasa 28 November 2017 malam. Penghargaan diserahkan oleh Menteri Koperasi & Usaha Kecil dan Menengah Republilk Indonesia A.A.G.N. Puspayoga dan President of ICSB Indonesia Hermawan Kartajaya.

Puspayoga dalam sambutannya mengatakan bahwa penghargaan ini diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada para insan Kepala Daerah yang telah membantu memajukan UMKM di daerahnya masing-masing. Menurutnya ekosistem UMKM yang kondusif hanya bisa dicapai dengan kontribusi dari berbagai pihak terutama Pemerintah Daerah sebagai pendorong utama kemajuan ekonomi lokal.

“Maka dari itu, malam ini kita berikan apresiasi kepada 33 Kepala Daerah Pemerintahan yang berperan dalam menggerakkan sektor UMKM, hal ini juga diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah yang lain, untuk terus semangat melakukan usaha-usaha bagi kemajuan UMKM di Indonesia ” ujarnya.

Diketahui saat penyerahan Penghargaan Natamukti, juga diberikan Penghargaan Natamukti Tingkat Nindya. Penghargaan Natamukti sendiri diberikan kepada Kabupaten/Kota yang berhasil dalam memasarkan, mendorong peningkatan kualitas, serta membangun ekosistem UMKM di daerahnya; sedangkan Penghargaan Natamukti Tingkat Nindya diberikan kepada Kabupaten/Kota yang mampu dalam usaha meningkatkan daya saing UMKM secara keseluruhan, baik di tingkat nasional bahkan internasional.

Dari 33 Daerah Kabupaten/Kota se Indonesia yang menerima Penghargaan Natamukti tersebut , 3 daerah diantaranya menerima Penghargaan Natamukti Tingkat Nindya yaitu Kabupaten Kulon Progo, Kota Tanggerang Selatan dan Kota Makassar. Sedangkan 30 daerah lainnya seperti Kota Bandung, Kota Pekanbaru, Kabupaten Bintan, Kabupaten Banyuwangi, Kota Bogor dan lain sebagainya menerima Penghargaan Natamukti.

Bupati Bintan Apri Sujadi seusai menerima Penghargaan Natamukti mengatakan bahwa hal ini merupakan prestasi tersendiri bagi Kabupaten Bintan. Karena dari 33 Daerah Kabupaten/Kota se Indonesia yang berprestasi di bidang UMKM, Kabupaten Bintan termasuk salah satunya.

“Tentunya hal ini merupakan suatu prestasi tersendiri bagi pemerintah daerah, masyarakat dan pelaku UMKM di Kabupaten Bintan karena dari ratusan daerah di Indonesia, Kabupaten Bintan mampu mendapatkan penghargaan ini. Dan ini, butuh peranan dari semua sektor baik Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan, DPRD Kabupaten Bintan, Pelaku UMKM dan masyarakat yang harus terus bersinergi bersama-sama mengembangkan dan memajukan UMKM ” ujarnya singkat didampingi Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Koperasi dan UKM Kabupaten Bintan Dian Nusa. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *