Buruh PT Startmara dan Pan Baruna Tuntut Pesangon

Batam Center, BatamEkbiz – Puluhan buruh yang tergabung dalam Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (SBSI) Batam melakukan unjuk rasa di PT. Startmara Pratama dan  PT. PAN Baruna di kawasan Cammo Industrial Park, Batam Centre, Senin 4 Desember 2017. Mereka menuntut perusahaan membayar pesangon kepada para karyawan yang mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK), membayar uang lembur, dan mempermanenkan karyawan.

PT. Startmara Pratama dan PT Pan Baruna merupakan perusahaan yang bergerak di bidang distributor produk Indofood seperti Indomie, Prenjak, dan Susu Anlene.

Rio Napitupulu, seorang buruh di perusahaan tersebut mengatakan, sistem kontrak kerja di perusahaan tersebut berulang-ulang.

“Kalau barang tidak laku, kami disuruh jualan di Pasar Tos 3000 Jodoh tanpa digaji. Dan bila barang itu tidak laku juga, kami yang disuruh membelinya, bebankan semua barang yang tidak laku harus dibayar dengan langsung memotong gaji,” katanya.

Perusahaan, lanjut Rio, juga tidak membayarkan upah lembur. “Padahal kami sangat mengharapkannya,” ujarnya.

Dalam aksi tersebut, buruh juga membawa keranda mayat ke dalam perusahan sambil menaburinya dengan mi instan yang sudah kedaluwarsa. (adi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *