Cuaca Buruk Ganggu Penerbangan Hang Nadim Batam

Nongsa, BatamEkbiz.Com — Hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Batam, Selasa 19 September 2017 siang membuat sejumlah jadwal penerbangan di Bandara Internasional Hang Nadim Batam terganggu. Sejumlah pesawat terpaksa harus menunda pendaratan hingga beberapa menit karena cuaca yang tidak mendukung.

General Manager Hang Nadim Batam, Suwarso mengatakan, jarak pandang hanya sekitar 700 meter pada pukul 10.20. Pesawat Lion Air dari Kualanamu Medan tujuan Batam misalnya, harus berputar-putar dulu di udara sekitar 15 menit sebelum akhirnya mendarat di Hang Nadim. Pesawat jenis Boeing 737-800 dengan nomor penerbangan JT-988 itu mendarat pukul 11.35 setelah cuaca membaik.

“Ketika cuaca buruk juga ada pesawat Garuda GA 155 yang hendak take-off dengan tujuan Bandara Soekarno Hatta Jakarta. Setelah beberapa saat baru diizinkan terbang menuju Jakarta,” katanya.

Menurut Suwarso, sekitar pukul 11.30 hujan mulai reda dan jarak pandang terus membaik, sehingga jadwal penerbangan kembali normal. Bandara Hang Nadim sendiri sebenarnya sudah dilengkapi dengan alat bantu pendaratan (ILS) yang memudahkan pilot mengendalikan pesawat saat cuaca buruk. Namun semua itu tergantung pilot.

“Keputusan tetap di tangan pilot, karena kami hanya menginformasikan kondisi yang ada di sekitar landas pacu saja,” katanya. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *