Delegasi Perdagangan Rusia Kunjungi Batam

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Delegasi Perdagangan Rusia mengunjungi Badan Pengusahaan (BP) Batam dan sejumlah kawasan industri Batam untuk mencari informasi mengenai berbagai usaha yang bisa dikembangkan perusahaan negara tersebut.

“Mereka mencari tahu mengenai perkembangan investasi Batam. Mereka tertarik untuk investasi, makanya langsung mengunjungi Batam,” kata Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono di Batam, Senin 17 April 2017.

Kunjungan tersebut, kata dia, dipimpin oleh Kepala Perwakilan Perdagangan (Trade Representative), Sergey Rossomakhov, Minister Counselor Kedutaan Besar Rusia di Jakarta Andrey Mogilevtsev dan Maria Mitsura, Senior expert, Trade Representation of the Russian Federation in the Republic of Indonesia.

Di BP Batam, rombongan diterima Direktur Promosi dan Humas BP Batam Purnomo Andiantono dan Direktur Lalu Lintas Barang Tri Novianta Putra. Mereka sempat melihat pemaparan mengenai perkembangan Batam dan kondisi saat ini.

Delegasi Perdagangan Rusia juga berkunjung ke Pelabuhan Batuampar, Batamindo Industrial Park, Kabil Industrial Estate, dan Bandara Hang Nadim untuk meninjau MRO Hang Nadim.

“Mereka ingin melihat langsung industri yang ada di Batam, sekaligus fasilitas yang ada seperti Pelabuhan Batuampar dan Bandara Hang Nadim Batam,” kata Andi.

Andi berharap kunjungan tersebut berdampak positif pada masuknya investasi baru dari Rusia di wilayah Pulau Batam.

Sebelumnya, Rusia pernah mengutus perwakilaannya beberapa kali untuk menjajaki pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir di Batam, namun hingga saat ini rencana tersebut belum terealisasi.

Meskipun kondisi perekonomian secara global belum membaik, namun sejak awal 2017 sejumlah perusahaan asing ataupun gabungan dengan pengusaha dalam negeri sudah merealisasikan investasinya di Batam.

Perusahaan-perusahaan tersebut rata-rata memanfaatkan fasilitas kemudahan investasi langsung kontruksi (KILK) dan izin investasi tiga jam (I23J) yang ditujukan untuk memberikan kemudahaan bagi calon investor untuk mengurus perizinan. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *