Didukung Nasdem, Nurdin siap dampingi Sani

Lubukbaja, BatamEkbiz.Com — Partai Nasdem akhirnya memberikan dukungan kepada Bupati Karimun Nurdin Basirun sebagai bakal calon wakil gubernur Kepri. Nurdin bakal disandingkan dengan Gubernur Kepri Muhammad Sani pada pemilihan gubernur (pilgub) Kepri tahun ini. Ada lima bakal calon yang akan maju pada pilgub Kepri dan mendaftar ke DPW Partai Nasdem Kepri. Terdiri dari tiga bakal calon gubernur, yaitu Soerya Respationo, Huzrin Hood, dan Riki Syolihin serta dua bakal calon wakil gubernur, yaitu Nurdin Basirun dan Ansar Ahmad.

Kepastian dukungan Partai Nasdem kepada Nurdin ditegaskan Ketua DPW Partai Nasdem Kepri Susilawati. Menurutnya, Nurdin sudah menjadi bagian dari keluarga besar Partai Nasdem, sehingga tidak ada alasan untuk tidak mendukungnya maju pada pilgub Kepri. Dukungan tersebut juga sudah disampaikan kepada DPP Partai Nasdem, tinggal menunggu surat keputusan dukungan resmi partai.

“Pendaftaran sudah dekat, sehingga secepatnya akan kami deklarasikan,” katanya, Selasa (29/6/2015).

Dukungan Partai Nasdem kepada Nurdin ini sekaligus membuyarkan rencana koalisi partai besutan Surya Paloh tersebut dengan PDIP pada pilgub Kepri. Mengingat sebelumnya, DPW Partai Nasdem Kepri memberikan sinyal untuk mendukung Bupati Bintan Ansar Ahmad sebagai bakal calon wakil gubernur Kepri, berpasangan dengan Wakil Gubernur sekaligus Ketua PDIP Kepri Soerya Respationo.

Susilawati mengaku tidak ada persoalan hubungan dengan PDIP meski Partai Nasdem lebih memilih mendukung Nurdin Basirun sebagai wakil Sani. Kedua partai tetap memiliki hubungan baik, meski ada perbedaan koalisi di tingkat pusat dengan daerah.

“Tidak mesti koalisi harus sama dengan yang di pusat, DPP Partai Nasdem juga sudah merestui keputusan ini,” ungkapnya.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bapilu) Partai Nasdem Lik Khai menambahkan, dukungan Partai Nasdem kepada Nurdin sudah melalui proses panjang. Dari beberapa bakal calon yang telah mendaftar, pihaknya akhirnya memilih Nurdin sebagai calon kuat.

“Banyak calon, tapi kami harus menentukan. Semua calon bagus, termasuk Soerya, akan tetapi sesuai kesepakatan bersama, Partai Nasdem memilih Nurdin,” katanya.

Sementara itu Nurdin Basirun yang merupakan kader Partai Golkar mengaku tak lagi menyandarkan dukungan hanya kepada partai berlambang pohon beringin tersebut. Pasalnya, hingga saat ini Partai Golkar masih berkonflik akibat dualisme kepemimpinan di tingkat pusat. Selain itu, Nurdin juga harus bersaing dengan kader internal lainnya untuk mendapatkan tiket Partai Golkar, yakni Ansar Ahmad yang juga memperebutkan posisi yang sama. Nurdin juga mengaku siap untuk bersanding dengan Sani pada pilgub Kepri.

“Yang penting saya bisa ikut berkompetisi di pilkada Kepri, tapi kalau nanti Partai Golkar mendukung, ya syukur,” katanya.

Terkait partai lain yang akan mengusungnya pada pilgub Kepri, Nurdin masih enggan membeberkan. “Yang jelas saat ini Partai Nasdem menerima saya dan menjadikan saya bagian dari keluarga besar Partai Nasdem,” katanya.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *