DPRD Batam Gagas Perda Halal dan Higienis

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — DPRD Batam menggagas penyusunan rancangan peraturan daerah (Ranperda) produk makanan dan minuman bersertifikasi halal dan higienis. Ranperda itu sudah disetujui Badan Pembentukan Perda (Baperda) BP Batam dan menjadi prioritas pembahasan pada semester awal 2017.

“Sudah masuk ke Prolegda (program legislasi daerah). Kami minta dukungan seluruh ormas Islam dan MUI (Majelis Ulama Indonesia) Batam agar usulan ranperda bisa menjadi perda,” ujar anggota Komisi II DPRD Batam, Aman, kemarin.

Menurut pengusung Ranperda inisiatif produk makanan dan minuman halal ini, perda halal penting untuk menjamin keamanan dan kenyamanan muslim dalam mengonsumsi makanan dan minuman. Pemerintah daerah berkewajiban memiliki produk hukum tersebut, untuk melindungi konsumen, terutama muslim. Terlebih warga Batam kental dengan budaya dan suku Melayu-nya. Dengan perda tersebut, akan ada sanksi tegas bagi pengusaha kafe, restoran, dan pelaku UKM yang memproduksi makanan dan minuman yang tidak mengantongi sertifikat halal dalam produknya.

Selain itu, lahirnya perda halal juga dinilai mampu mendongkrak tingkat kunjungan wisatawan mancanegara, terutama dari negara-negara mayoritas muslim ke Batam. Mengingat pemerintah pusat makin giat untuk menggalakkan wisata syariah.

“Memang sudah selayaknya ada perda yang mengatur tentang produk makanan dan minuman halal dan higienis di Batam. Sebab beredarnya produk makanan dan minuman yang diragukan kehalalannya, bisa memicu keresahan, khususnya dikalangan umat Islam,” kata Politisi PKB itu. (R04)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *