DPRD Batam Segera Bahas APBD Perubahan 2017

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — DPRD Batam segera membahas kebijakan umum anggaran (KUA) dan prioritas plafon anggaran sementara (PPAS) pada APBD Perubahan 2017. Nilainya mencapai Rp2,482 triliun, berkurang sekira 2,7 persen dari APBD 2017 sebesar Rp2,551 triliun.

Wakil Ketua I DPRD Batam, Zainal Abidin mengatakan, Badan Anggaran (Banggar) DPRD Batam dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TPAD) Pemko Batam akan membahas secara rinci KUA PPAS pada APBD Perubahan 2017 itu. Sesuai ketentuan, perubahan anggaran dapat dilakukan sekali dalam tahun anggaran.

“Hasil pembahasan tersebut akan diputuskan menjadi APBD Perubahan 2017 dalam rapat paripurna,” kata Zainal saat memimpin Rapat Paripurna DPRD Batam ke-6, Senin 7 Agustus 2017.

Paripurna itu dihadiri 31 anggota DPRD Batam. Selain itu juga hadir Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) Kota Batam.

Rudi mengatakan, turunnya nilai APBD Perubahan itu dikarenakan adanya perubahan asumsi dan proyeksi pendapatan, alokasi belanja, sumber dan penggunaan pembiayaan serta perubahan terhadap capaian target kinerja program dan kegiatan. Perubahan itu berdasarkan hasil evaluasi terhadap rencana pendapatan dan belanja dalam pelaksanaan APBD Batam 2017.

Perubahan itu di antaranya terjadi pada Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari Rp1,16 triliun turun menjadi Rp1,086 triliun. Dana perimbangan dari Rp1.044 triliun menjadi Rp995,9 miliar.

“Kemudian lain-lain pendapatan yang sah dari Rp278,4 miliar turun menjadi Rp256,4 miliar,” katanya.

Rudi menjelaskan, perubahan itu membuat Pemko Batam melakukan evaluasi dan rasionalisasi pelaksanaan kegiatan dan sub kegiatan pada OPD dalam hal daya serap. Termasuk juga identifikasi permasalahan yang dihadapi dilapangan, proses pengadaan barang/jasa serta memperhatikan ketentuan peraturan yang berlaku. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *