Dua Unit Kapal Navigasi Diluncurkan di Batam

Tanjunguncang, BatamEkbiz.Com — Kementerian Perhubungan meluncurkan dua kapal kelas I Kenavigasian di Kawasan PT Citra Shipyard Tanjunguncang, Batam, Rabu 24 Mei 2017. Kedua kapal yang dibuat PT Citra Shipyard ini bernama H-301 KM Masalembo dan H-302 KM Nipa.

Dirjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Antonius Toni Budionoko mengatakan, kedua kapal tersebut akan ditempatkan pada pemangkalan Distrik Tanjungpinang dan pemangkalan distrik Surabaya. Kapal dengan biaya pembuatan sebesar Rp233.777.777.777 ini direncanakan beroperasi pada Juni tahun ini.

“Peningkatan aktivitas maritim menuntut tersedianya kesiapan dalam kenavigasian. Semoga target-target Kepri tercapai dalam industri maritim ini,” harap Antonius.

Dia juga berpesan agar perusahaan perkapalan PT Citra Shipyard bisa mempertahankan kualitas hasil buatannya. PT Citra, katanya, sudah mampu membuat kapal seperti buatan luar negeri, maju dalam kualitas dan teknologinya.

Direktur Navigasi, Bambang Wiyanto menambahkan, kedua Kapal tersebut merupakan program dari satuan kerja pengembangan Kenavigasian pusat. Pengerjaannya dimulai 29 Desember 2015 selama 660 hari kalender. Pengerjaan selesai 16 Oktober 2017.

“Namun sebelum Oktober datang, kapal ini sudah selesai. Ini sebuah prestasi. Pertahankanlah,” tukasnya.

GM General Manager PT Citra Shipyard, Abi menjelaskan, kedua kapal navigasi tersebut memiliki panjang 60 meter, lebar 12 meter, dan tinggi 4,7 meter dengan kecepatan 15 knot. Bahan-bahan pembuatan kapal didatangkan dari luar negeri dengan kualitas terbaik, sepeti untuk mesin dari Jepang, plat besi dari Amerika, ada juga dari Nederland, Norwegia, dan Jerman untuk teknologinya.

“Saya jamin kualitas kapal kita ini jauh lebih bagus dari kapal yang dibuat dari luar negeri. Kita tidak kalah saing, bahkan unggul. Karena kapal kita ini dilengkapi dengan stabilitas, sehingga ketika kapasitas bebannya maksimal di 30 ton, tidak miring dan tetap stabil. Ini semua adalah keberhasilan masyarakat Kepri,” ungkapnya.

Kapal H-301 KM Masalembo dan H-302 KM. Nipa nantinya akan berfungsi untuk memperbaiki kerusakan seluruh alat-alat navigasi milik pemerintah Indonesia yang ada di tengah laut.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *