Fauzan : Harus Ada Solusi Bagi Transportasi Online

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Anggota Komisi I DPRD Batam, Fauzan mendorong Pemko Batam memberikan solusi bagi transportasi online. Keputusan Pemko Batam yang memberhentikan sementara operasional transportasi online sebelum ada izin harus disertai dengan solusi bagi keberlangsungan nasib ribuan jiwa yang menggantungkan penghidupan dari transportasi online.

“Anggaplah ada 3.000 driver transportasi online dan 3.000 UKM (usaha kecil menengah) yang terkait dengan transportasi online ini. Jika setiap mereka punya istri dan seorang anak saja, berarti ada 18 ribu jiwa yang menggantungkan hidup dari transportasi online ini,” kata Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, Sabtu 12 Agustus 2017.

Penghentian transportasi online tersebut, lanjut Fauzan, akan semakin menyulitkan kehidupan para driver transportasi online. Kebijakan tersebut juga akan berimbas kepada pendapatan pelaku UKM yang telah menjalin kerja sama dengan transportasi online.

Sementara kondisi perekonomian di Batam saat ini sedang sulit. Banyak perusahaan yang mengurangi karyawan akibat order produksinya menurun.

“Kami mendorong Pemko Batam dapat segera mencari solusi. Karena kalau dibiarkan berlama-lama, maka akan semakin membebani mereka yang selama ini menggantungkan nafkah dari transportasi online,” katanya.

Masyarakat sendiri, terutama yang sering memanfaatkan jasa ojek maupun taksi, sebenarnya mengapresiasi kehadiran transportasi online ini di Batam. Banyak yang kemudian beralih ke transportasi berbasis aplikasi ini, karena dinilai lebih murah, nyaman, dan menjamin keselamatan.

Penghentian transportasi online di Batam sudah berlangsung sejak 1 Juni 2017. Alasannya, perusahaan transportasi online belum mengantongi izin atau legalitas untuk beroperasi di wilayah Batam. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *