Festival Durian Bintan Dipadati Ribuan Warga dan Turis

BINTAN – Festival Durian Bintan 2018 berlangsung meriah. Ribuan pengunjung yang berasal dari Kota Batam, Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun, Kota Pekanbaru, bahkan wisatawan asal Malaysia dan Singapura ikut menyambangi lokasi festival di Lapangan Bola Bintan Bekapur Gunung Bintan, Desa Bintan Buyu, Kecamatan Teluk Bintan, Minggu 7 Januari 2018.

Dalam kesempatan tersebut, sebanyak 5.000 durian dari berbagai jenis, asli dari Bintan dapat dinikmati oleh pengunjung. Bupati Bintan Apri Sujadi mengapresiasi panitia yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dirinya berharap agar Agenda Festival Durian Bintan hendaknya bisa dijadikan agenda rutin setiap tahunnya.

“Kita harapkan kegiatan ini dapat dijadikan agenda rutin setiap tahun nya. Kabupaten Bintan memiliki durian dengan cita rasa yang khas dan tidak kalah dengan Durian Musang King dari Malaysia dan Singapura ” ujarnya.

Ditambahkannya bahwa Pemkab Bintan saat ini fokus pada peningkatan infrastruktur pada bidang pariwisata. Menurutnya, pada 2017 saja, angka kunjungan wisatawan ke Bintan berkisar 300 ribu orang lebih. Ini artinya jumlah wisatawan yang datang ke Bintan sudah dua kali lipat dari jumlah penduduk Bintan.

“Beberapa sektor penunjang pariwisata sedang kita bangun saat ini. Dan Bintan Buyu termasuk Kampung Tua yang akan kita lestarikan. Kita juga sedang mengusahakan agar Bandara Busung bisa menjadi Bandara Komersil sehingga pintu masuk wisatawan ke Bintan terbuka lebar,” ujarnya.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana Festival Durian Bintan 2018 Muhammad Ali mengatakan bahwa berbagai kegiatan terselenggara pada kesempatan tersebut. Selain menampilkan Bazar Durian, panitia juga menampilkan berbagai kreasi olahan dari durian. Menurutnya Festival Durian Bintan 2018 setidaknya menghadirkan 10 jenis durian Bintan yang ditampilkan yaitu Durian Gempa Bumi, Durian Kucing Tidur, Durian Es Krim, Durian Tembaga, Durian Mentega, Durian Jantung, Durian Telur, Durian Daun, Durian Kembar Dua, Durian Bantal Guling dan juga Durian Raja Asmara.

“Selama ini masyarakat hanya mengenal Durian Tembaga, padahal Bintan memiliki banyak jenis Durian dengan cita rasa tersendiri ” tutupnya. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *