GMI beri pelatihan kewirausahaan 30 mahasiswa Batam

Batamkota, BatamEkbiz.Com — DPD Garuda Muda Indonesia (GMI) Provinsi Kepri menyelenggarakan pelatihan kewirausahaan bagi mahasiswa di Batam. Pelatihan akan berlangsung di Gedung Saifa Institute Batam di kawasan Baloi, Sabtu (4/10).

Ketua Panitia Penyelenggara, Cristopan mengatakan, terdapat 30 mahasiswa yang akan menjadi peserta pelatihan kewirausahaan. Para peserta merupakan hasil seleksi ratusan mahasiswa yang berasal dari STT Ibnu Sina, STIE Ibnu, dan Universitas Batam.

“Pelatihan kewirausahaan ini digagas untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa yang memiliki minat usaha dan ingin survive di pasar,” ujarnya di Batam Centre, Jumat (3/10).

Cristopan menjelaskan, setiap mahasiswa yang ingin mengikuti pelatihan kewirausahaan harus mampu membuat proposal usaha yang proporsional. Berdasarkan proposal usaha itu, panitia akan mempertimbangkan kelayakan dan terobosan usaha yang berpotensi berkembang serta bisa dijalankan guna membangun kemandirian mahasiswa.

Proposal usaha yang diajukan, juga harus relevan dengan disiplin ilmu yang tengah digeluti mahasiswa di bangku kuliah. Agar dalam pengembangan usaha tidak hanya menguntungkan bagi diri sendiri, namun juga bermanfaat bagi orang lain.

“Harapannya setelah mengikuti pelatihan ini, mahasiswa bisa mandiri menjalankan usahanya,” jelasnya.

Selama pelatihan, lanjut Cristopan, panitia juga akan menghadirkan pemateri berkompeten yang mampu mendorong tumbuhnya usaha kecil menengah di kalangan generasi muda. Pemateri tersebut di antaranya dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (PMPK UKM) Kota Batam, Kantor Pemuda dan Olahraga (Kanpora) Kota Batam, serta pelaku usaha di kalangan pemuda.

Di antara materi yang akan diberikan adalah akselerasi pengembangan sumber daya pemuda, mekanisme pendirian koperasi dan pembinaan kelompok UKM. Kemudian materi tentang organisasi kepemudaan sebagai wahana pengembangan kewirausahaan pemuda, serta membangun pengusaha mandiri dan mapan di bidang ekonomi.

“Pasca pelatihan, peserta juga akan mendapatkan modal usaha untuk merealisasikan rencana usaha yang akan dikembangkan serta diberikan arana promosi gratis di salah satu media online di Batam,” ujarnya.

Manajer Saifa Institute Batam, Supriyadi mengatakan bahwa pelatihan ini bisa menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menempa keberanian berwirausaha. Di Saifa Institute, bidang kewirausahaan merupakan salah satu program terobosan bagi setiap orang untuk mampu mengelola sebuah usaha, membangun jaringan, dan menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai pihak.

“Lembaga pendidikan kami memang memiliki program pendidikan singkat di bidang UMKM, koperasi, yayasan, dan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD),” ujarnya.(R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *