Google Developers Launchpad Jadi Ajang Belajar Calon Startup Founder

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Kementerian Kominfo membantu meningkatkan kualitas ekosistem​ ​startup​ ​digital​ ​Indonesia melalui penyelenggaraan Google Developers Launchpad Indonesia dari 29-31 Oktober 2017 di Ciputra Artpreneur, Jakarta. Google Developers Launchpad Indonesia adalah program akselerator hasil kolaborasi Kementerian Komunikasi dan Informatika dengan Google Developers Launchpad dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital.

Sebagaimana diketahui, setelah berjalan selama lebih dari satu tahun, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah menjaring 26.285 pendaftar dan hanya menerima sekitar 6.000 peserta di 10 kota di Indonesia.
Hal ini menunjukan masih banyaknya calon startup founder di Indonesia yang belum terfasilitasi dengan program yang dapat mempersiapkan mereka untuk menjadi bagian dari ekosistem startup digital di Indonesia.

Untuk itu, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Google Developers dan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital memberikan kesempatan kedua bagi para calon startup founder di Indonesia tersebut.
Melalui Google Developers Launchpad Indonesia juga, para calon startup founder berkesempatan untuk belajar langsung dari mentor global serta bertemu dan saling berbagi dengan calon startup founder lainnya dari berbagai kota di Indonesia.

Format acara Google Developers Launchpad Indonesia adalah dengan seminar beberapa sesi panel diskusi dan presentasi yang membahas​ ​berbagai​ ​topik​ ​seputar​ ​startup​ ​digital​ ​dan​ ​teknologi.

Hari pertama yaitu pada Minggu 29 Oktober 2017, acara Google Developers Launchpad Indonesia dihadiri sebanyak 1200 orang peserta yang terbagi menjadi tiga kategori dengan urutan prioritas: (1) Sudah mengikuti rangkaian program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, namun tidak sampai ke tahap inkubasi, (2) Sudah pernah mendaftarkan diri sebagai peserta Gerakan Nasional 1000 Startup Digital, namun tidak diterima, dan (3) terbuka untuk umum.

Pada hari kedua, Senin 30 Oktober 2017, dihadiri sebanyak 30 tim atau startup yang terbagi menjadi dari dua kategori, dengan urutan prioritas: (1) Startup terbaik dari 10 kota Gerakan Nasional 1000 Startup Digital yang sudah melewati atau sudah mencapai tahap inkubasi. (2) Startup yang telah mendaftarkan diri ke Google Launchpad Accelerator, namun tidak diterima.

Sementara pada hari ketiga, Selasa 31 Oktober 2017, dihadiri oleh sebanyak 80 orang mentor yang terbagi menjadi dari dua kategori, dengan urutan prioritas: (1) Mentor terpilih yang sudah pernah menjadi mentor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan (2) Mentor terpilih yang berpotensi untuk menjadi mentor di Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ke depannya. (inn)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *