Hari Pertama, Pendaftar di Sekolah Unggulan Antre

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Penerimaan Perserta Didik Baru (PPDB) di sekolah unggulan mulai dibuka hari ini, Senin hingga Rabu, 5-7 Juni 2017 . Minat masyarakat Batam untuk memasukkan anaknya di sekolah unggulan sangat tinggi.

Di SMPN 6 Batam misalnya, orangtua siswa sudah mengantre untuk mendapatkan formulir pendaftaran sejak pagi. Berebut mengambil nomor antrean dan desak-desakan tak terhindarkan.

“Orantua ini gak paham kata antre, nyelonong saja,” gerutu salah satu orangtua saat melihat ada yang nyelonong mengambil nomor antrean di sekolah yang berlokasi di Seipanas ini.

Di Batam ada tiga SMP unggulan peserta PPDB online, yakni SMPN 3 Batam, SMPN 6 Batam, dan SMPN 26 Batam. Sesuai jadwal, PPDB dibuka mulai pukul 08.00 sampai pukul 12.00. Kemudian dilanjutkan tes tertulis pada 8 Juni, pengumuman hasil seleksi pada 10 Juni, dan pendaftaran ulang pada 12-13 Juni.

Untuk sekolah unggulan peserta didik yang berasal dari Kota Batam, memiliki nilai rapor semester ganjil kelas IV, V, VI untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, dan IPA minimal 85,00 serta menunjukkan rapor asli.

Pendaftaran bisa dilakukan melalui situs http://disdik.batam.go.id atau di https://ppdbbatam.id. Atau bisa mengunduh aplikasi di Playstore Android yang diakses melalui situs tersebut.

Meski pendaftaran secara online, sekolah yang melaksanakan PPDB tetap menyiapkan antrean di sekolah. Gunanya untuk membantu orangtua siswa yang tidak paham PPDB online.

“Kami siapkan empat komputer untuk membantu orangtua. Nanti kami sediakan juga nomor antrean untuk orangtua yang daftar online di sekolah. Dan ada petugas untuk membimbing orangtua memasukkan berkas ke sistem online,” kata Kepala SMPN 3 Batam, Wiwik Darwiyanti.

Wiwik mengatakan SMPN 3 Batam membuka sembilan kelas untuk siswa baru tahun ajaran 2017/2018. Tiap kelas rencananya diisi 32 siswa. (R03/hms)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *