Hatanto Reksodiputro Pimpin BP Batam

Jakarta, BatamEkbiz.Com — Setelah sempat tertunda beberapa kali, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang juga Ketua Dewan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (PBPB) Batam Darmin Nasution akhirnya mengantongi nama Kepala dan unsur pimpinan BP Batam lainnya. Dari bocoran yang diterima media ini, Kepala BP Batam Mustofa Widjaja akan digantikan Hatanto Reksodiputro, mantan duta besar dan Sekjen Departemen Perdagangan.

Sementara Wakil Kepala BP Batam yang sebelumnya ditempati Jon Arizal akan dijabat Agus Tjahajana, mantan Sekjen Departemen Perdagangan. Sedangkan lima deputi, akan diduduki Juniho Jahja, Soepono, RC Eko Santoso Budianto, Purba Robert Mangapul Sianipar, dan Gusmardi Bustami. Mantan Wali Kota Batam Ahmad Dahlan dan mantan Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo yang disebut-sebut sebagai kandidat kuat Kepala BP Batam, tak ada dalam daftar nama yang dikantongi Ketua Dewan Kawasan.

“Ini sesuai dengan arahan Bapak Presiden Joko Widodo agar BP Batam dipiimpin profesional,” ujar Darmin.

Penentuan nama-nama pimpinan BP Batam di internal Dewan Kawasan terkesan alot, karena adanya tarik ulur kepentingan dan kuatnya nuansa politik. Seolah masih ada konflik kepentingan yang belum selesai antara pemerintah pusat dan daerah terkait perpindahan kewenangan tersebut. Sehingga ketika ditarik ke pemerintah pusat, ada beberapa oknum dari daerah yang berebut kepentingan untuk mengelola Batam.

Sebelumnya Dewan Kawasan telah menjaring 11 nama calon Kepala BP Batam yang baru, namun kurang sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo. Dewan Kawasan lalu mencari lagi figur-figur baru untuk diusulkan kepada Presiden Jokowi.

Ketujuh pimpinan BP Batam yang baru itu sepertinya sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo agar BP Batam diisi oleh profesional dan berpengalaman. Junino Jahja misalnya, Direktur Utama Perum Percetakan Uang RI, Eko Santoso Budianto Presiden Direktur Berau Coal, Purba Robert Sianipar Staf Ahli bidang Hubungan Ekonomi dan Kemaritiman Kemenko Perekonomian, Gusmardi Bustami Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, dan Soepono birokrat dari Kementerian Keuangan. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *