Honorer Bintan Didaftarkan Program BPJS Ketenagakerjaan

BINTAN – Tenaga honorer di lingkungan Pemkab Bintan akan diikutsertakan dalam program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan. Program itu meliputi jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, dan jaminan hari tua.

Wakil Bupati Bintan, Dalmasri berharap dengan program tersebut dapat membuat para tenaga honorer semakin tenang bekerja. Ia meminta seluruh tenaga honorer dapat melaksanakan pekerjaan dengan baik dan serius, datang dan pulang tepat waktu, patuh pada peraturan, dan loyal pada atasan.

“Empat poin tersebut merupakan timbal balik dari telah diikutsertakan seluruh tenaga honorer dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS,” katanya saat membuka sosialisasi program jaminan sosial ketenagakerjaan BPJS bagi tenaga honorer di Kabupaten Bintan di aula Kantor Bupati Bintan, Selasa 7 November 2017.

Menurut Dalmasri, didaftarkannya tenaga honorer dalam program BPJS Ketenagakerjaan tersebut merupakan komitmen Pemkab Bintan dalam memberikan perlindungan kerja bagi tenaga honorer. Bintan menjadi kabupaten pertama di Provinsi Kepri yang telah menerapkan program ini.

“Iuran jaminan itu kesemuanya ditanggung oleh APBD Kabupaten Bintan,” tegasnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Tanjungpinang, Jefri Suwandi mengatakan, sesuai Undang-Undang 24/2011, PT Askes dan Jamsostek telah diubah menjadi BPJS yang dibentuk untuk menyelenggarakan program jaminan sosial bagi seluruh masyarakat Indonesia. Termasuk untuk mengcover program yang dilakukan Pemkab Bintan terhadap tenaga honorer yang ada di lingkungan Kabupaten Bintan.

“Kami sangat mengapresiasi Pemkab Bintan karena konsen terhadap perlindungan ketenagakerjaan bagi tenaga honorer. Di Kepri baru Pemkab Bintan saja yang sudah memberikan jaminan perlindungan kerja terhadap tenaga non PNS atau tenaga honorernya,” katanya. (bow)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *