Hotel dan Restoran Batam Akan Diverifikasi

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Aktivitas hotel dan restoran di Batam akan diperketat. Pemko Batam akan melakukan verifikasi bagi hotel dan restoran untuk memberikan kenyamanan, keamanan, dan kesehatan bagi para tamu yang menginap atau menikmati makanan.

Hotel dan restoran yang lolos verifikasi akan mendapatkan klasifikasi A untuk yang memenuhi seluruh kriteria, B, C, dan D untuk kriteria rendah. Verifikasi ini dinilai penting untuk menjamin kenyamanan tamu saat menginap di hotel atau mengonsumsi makanan di restoran.

“Tugas Dinkes (Dinas Kesehatan Kota Batam) untuk memverfikasi hotel dan restoran, sebab Batam akan jadi kota pariwisata,” kata Wali Kota Batam Muhammad Rudi di Kantor Walikota Batam, kemarin.

Belum diketahui seberapa efektif proses verifikasi ini untuk menjamin kenyamanan tamu dan berdampak positif bagi tingkat kunjungan wisatawan. Sebab nyaris tak ada tamu yang datang ke hotel atau restoran yang mempertanyakan ada atau tidaknya sertifikasi itu.

Dalam proses verifikasi itu, Dinkes akan melibatkan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) dan Majelis Ulama Indonesia (MUI). Keterlibatan MUI terkait dengan sertifikasi halal pada makanan yang disajikan oleh restoran atau hotel.

Tim Dinkes akan turun langsung untuk menilai standarisasi makanan yang menjadi menu restoran dan hotel. Yang lolos akan mendapatkan keterangan izin layak sehat.

Para pelaku usaha diharapkan segera mengurus keterangan izin layak sehat ini. Syaratnya hanya dengan melampirkan KTP, izin usaha atau domisili dari kecamatan, pas photo, dan surat keterangan kesehatan pemilik usaha, hotel, atau restoran. Tidak ada biaya dalam pengurusan izin ini dan lama pengurusannya maksimal tujuh hari. (R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *