Hotel Novotel Batam Resmi Bintang Empat

Jodoh, BatamEkbiz.Com — Hotel Novotel Batam resmi menjadi hotel bintang empat. Hal ini ditandai dengan penyerahan sertifikasi bintang empat dari Lembaga Sertifikasi Usaha Mahamu Mitra Wisata, Rabu 27 September 2017 di Novotel.

“Sertifikasi ini sangat diperlukan untuk mendapatkan layak sehat dari Dinas kesehatan dan layak air dari Dinas Lingkungan Hidup. Pemerintah harus mendukung sertifikasi ini, apalagi Batam dekat Singapura dan untuk menghadapi pasar bebas sertifikasi sangat diperlukan, jangan sampai terlambat,” kata Murad, Direktur Operation Mahamu Mitra Wisata.

Dalam proses sertifikasi, Novotel Batam mendapat poin 764 atau beberapa poin di atas standar yaitu 728. Novotel Batam sudah layak mendapatkan sertifikasi ini karena sudah melalui beberapa tahap, seperti pra-audit dan audit hingga hasil audit.

“Kita lihat dari tiga kategori, yaitu produk, pelayanan, dan pengelolaan,” jelas Murad.

Ia melanjutkan, ada kesempatan untuk ke depannya hotel ini terus berbenah. “Seperti Novotel Balikpapan yang sudah bintang lima, mengapa Batam tidak,” jelasnya.

Untuk sertifikasi secara detail ada aturan yang wajib dilaksanakan, seperti tercantum di PP 52 Tahun 2012 Pasal 17. Setiap yang melakukan usaha pariwisata harus memenuhi standar usaha bertujuan bisa meminta kepuasan terhadap produk yang disampaikan.

“Tahun ini semua hotel di Indonesia harus berstandar nasional dan internasional. Jadi kita berharap pemilik hotel yang masih belum tersertifikasi segera mengurus izin,” jelasnya.

Dengan sertifikasi usaha, tenaga kerja dan masyarakat akan dijamin mengenai masalah keamanan, kenyamanan, dan kesehatan. Untuk menuju pasar bebas standar sertifikasi ini wajib secara internasional untuk mendukung pariwisata dan kunjungan wisatawan mancanegara.

“Ini kewajiban pemerintah daerah, Walikota dan Gubernur untuk melakukan pembinaan,” jelas Murad. (suradi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *