Bawaslu Kota Batam Gelar Sosialisasi Pelanggaran Pemilu Serentak Tahun 2019 Dengan Partai Politik

Nagoya, Batam Ekbiz.Com,- Untuk meningkatkan Pemahaman mengenai pelanggaran Kampaye pada Pemilu serentak 2019, Bawaslu Kota Batam mengadakan sosialisasi Pelanggaran Pemilu DPR, DPD, DPRD dan Presiden dan Wakil Presiden Tahun 2019, Selasa 2 Oktober 2018 di Hotel Nagoya Mension.

Sosialisasi tersebut diikuti oleh utusan dari 16 partai politik peserta pemilu yang ada di Kota Batam, dengan narasumber Komisioner Bawaslu Kota Batam.

Mangihut Rajaguguk Anggota Bawaslu Kota Batam mengatakan, sosialisasi ini diadakan, karena banyak pertanyaan mengenai pemasangan Alat Peraga Kampaye (APK)

“Kita sosialisasikan APK yang bisa dipasang oleh partai politik. Untuk caleg secara pribadi apakah bisa memasang, menurut PKPU NO 23 Tahun 2018 dan Perbawaslu NO 28 Tahun 2018 yang bisa memasang APK adalah Partai politik, ” ungkap Mangihut.

KPU dan parpol sudah mengerti aturannya, mereka melakukan kordinasi dengan Pemko dan BP Batam dimana titik tempat pemasangan Baliho.

Bendera partai politik dan umbul-umbul boleh di pasang per kelurahan, tetapi pemasangan tidak boleh sembaranga, harus memperhatikan estetika .

Untuk posko pemenangan kewenangan partai politik, boleh ada fotonya tetapi tidak boleh ada nomor urut dan anjuran atau ajakan untuk menjoblos.

Untuk bendera partai hanya boleh dipasang di posko pemenangan, kantor PAC, Ranting, tidak boleh dipasang sembarang tempat apalagi sampai ke jalan umum,” kata Mangihut.

Dalam kampaye partai politik juga bisa mengadakan kegiatan yang berbentuk olahraga seperti senam , bakti sosial dengan memberikan sovenir senilai Rp 60 ribu , maksimal hadiahnya Rp 1 juta,”jelas Mangihut.(adi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *