Idul Adha, Arus Penumpang Hang Nadim Diprediksi Meningkat

Nongsa, BatamEkbiz.Com – Manajemen Bandara Internasional Hang Nadim Batam memperkirakan akan terjadi peningkatan pengguna transportasi udara mendekati Hari Raya Idul Adha yang jatuh pada 1 September 2017.

“Untuk saat ini memang masih normal-normal saja, namun perkiraan kami beberapa hari menjelang Idul Adha bakal mengalami kenaikan hingga enam persen,” kata General Manager Operasional Hang Nadim Batam, Suwarso, Kamis 24 Agustus 2017.

Suwarso mengatakan, saat ini rata-rata penumpang yang meninggalkan Batam dari Bandara Hang Nadim Batam tercatat antara 6.400 sampai 7.100 penumpang per hari. Dari angka tersebut, diperkirakan dalam tiga hari hingga Idul Adha, jumlah penumpang yang meninggalkan Batam bisa mencapai sekitar 7.500 orang per hari. Peningkatan tersebut dikarenakan Hari Raya Idul Adha tahun ini akan jatuh pada Jumat, sehingga menjadikan hari libur sampai tiga hari.

“Saat ada libur seperti itu biasanya banyak yang memanfaatkan untuk bepergian atau pulang kampung. Apalagi bertepatan dengan hari-hari besar keagamaan,” katanya.

Suwarso memperkirakan kebanyakan penumpang akan meninggalkan Batam dengan tujuan yang relatif dekat, seperti sejumlah kota di Pulau Sumatera dan sebagian Pulau Jawa.
Selain penumpang yang meninggalkan Batam, diperkirakan penumpang yang tiba juga akan meningkat mengingat Batam merupakan tujuan bagi masyarakat daerah lain yang akan menghabiskan waktu untuk berlibur.

“Biasanya memang yang meningkat yang tujuan-tujuan dekat. Tidak seperti Idul Fitri yang seluruh penerbangan ramai,” katanya. (R01)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *