Ingat Batam, Ingat Jembatan Barelang

Galang, BatamEkbiz.Com — Belum ke Batam rasanya kalau belum ke Jembatan Barelang. Jembatan penghubung Pulau Batam, Rempang, dan Galang ini sudah menjadi ikon Batam. Jika Jakarta identik dengan Monas, maka Batam identik dengan Jembatan Barelang.

Penghubung jalan Trans Barelang sepanjang 54 kilometer, Jembatan Barelang sudah menjadi tempat favorit yang tak pernah sepi dikunjungi warga Batam maupun wisatawan. Jembatan setinggi 38 meter ini dirancang dengan teknologi tinggi untuk bertahan hingga seratus tahun. Lokasinya sekitar 20 kilometer selatan Kota Batam, Provinsi Kepri.

Pembangunan jembatan yang dimulai pada 1992 sampai 1998 ini terdiri dari rangkaian enam jembatan. Masing-masingnya diberi nama sesuai nama raja Kerajaan Melayu Riau pada abad 15 hingga 18 Masehi. Yakni Jembatan Tengku Fisabilillah (jembatan I) menghubungkan Pulau Batam dengan Pulau Tonton, Jembatan Nara Singa (jembatan II) menghubungkan Pulau Tonton dengan Pulau Nipah, dan Jembatan Raja Ali Haji (jembatan III) menghubungkan Pulau Nipah dengan Pulau Setokok. Kemudian Jembatan Sultan Zainal Abidin (jembatan IV) menghubungkan Pulau Setokok dengan Pulau Rempang, Jembatan Tuanku Tambusai (Jembatan V) menghubungkan Pulau Rempang dengan Pulau Galang, dan Jembatan Raja Kecik (jembatan VI) menghubungkan Pulau Galang dengan Pulau Galang Baru.

Jembatan Tengku Fisabilillah merupakan jembatan terbesar dan terdekat dari pusat Kota Batam. Lebih dari sekadar jalan penghubung, disini Anda bisa ber-selfie riadengan latar belakang jembatan Barelang di Barelang Bridge, menikmati kelapa muda, jagung bakar dan masakan biota laut, merasakan desiran angin pantai, memandangi air laut yang bersih dan membiru, serta pulau-pulau kecil di sekitar.

Jembatan Raja Kecik yang merupkan jembatan terakhir, tak kalah terkenal. Di sekitar kawasan inilah tempat penampungan sedikitnya 250 ribu pengungsi dari Vietnam pada 1975 hingga 1996. Disini masih tersisa benda-benda peninggalan pengungsi, gereja, vihara, kuburan masal, hingga perahu kayu bekas. (R05)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *