Inilah Pemenang Lomba Jurnalistik BPJS Kesehatan 2016

YOGYAKARTA — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memberikan anugerah kepada para juara lomba karya jurnalistik 2016 tingkat nasional.

Pengumuman pemenang lomba digelar di Greenhost Boutique Hotel, Prawirotaman, Mergangsan, Yogyakarta, Jumat 7 Oktober 2016 malam. Lomba ini diselenggarakan BPJS dalam rangka menjaring ide dan aspirasi dari media bagi pengembangan serta evaluasi program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Indonesia.

“Lomba jurnalistik dan media gathering ini rutin dilaksanakan BPJS Kesehatan setiap tahunnya untuk memotivasi media memberikan pesan dan informasi bermanfaat untuk mengembangkan Indonesia lebih sehat,” ujar Direktur Hukum, Komunikasi, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi.

Pengumuman para pemenang lomba dikemas melalui Media Gathering yang dilaksanakan selama tiga hari, Kamis-Sabtu (6-8/10). Seluruh nominator diundang dalam media gathering tersebut. Jumlahnya ada 30 orang dari 194 peserta lomba. Mereka merupakan nominator untuk tiga kategori, media cetak, media online, dan foto jurnalistik. Masing-masing kategori terdiri dari 10 nominator.

Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan diskusi tentang pandangan dan testimoni fasilitas kesehatan terhadap implementasi JKN-KIS yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Selain itu juga kunjungan ke berbagai tempat di Yogyakarta, antara lain pusat kerajinan perak di Kotagede, gerai merchandise Dagadu Djokdja, Candi Ratu Boko, Malioboro, dan outbond LAVA Tour ke Gunung Merapi.

“Mudah-mudahan kebersamaan ini dapat menginspirasi dan memotivasi kita untuk menjadi lebih bermanfaat bagi masyarakat,” kata Bayu.

Ia memaparkan, partisipasi seluruh pihak, termasuk masyarakat dan media sangat diharapkan untuk bergotong royong mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Saat ini ada 169,3 juta jiwa penduduk Indonesia yang telah menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) per 1 Oktober 2016. Jumlah ini jauh meningkat dibandingkan ketika sebelumnya masih menjadi Askes dulu dengan sekitar 16 juta peserta.

“Kita libatkan semua pihak, terutama media. Sehingga dengan gotong royong semua tertolong,” katanya.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Fahmi Idris mengatakan, tidak mudah untuk menentukan para pemenang. Karena yang dikirimkan para peserta merupakan karya-karya jurnalistik terbaik.

“Ini pentingnya posisi jurnalis untuk menjadi mata masyarakat dan menginformasikan dengan cover both side (berimbang). Selamat kepada jurnalis dan fotografer terpilih, kita berharap karya-karya ini semakin mencerdaskan masyarakat,” katanya

Berikut nama-nama pemenang lomba jurnalistik BPJS Kesehatan 2016, dari juara 1, 2, 3, serta juara harapan 1, 2, dan 3.

Kategori Media Cetak

Heru Prayitno (Radar Sampit)
Judul : Merajut Solidaritas melalui Program JKN-KIS

Oktaviano Donald (Bisnis Indonesia)
Judul : Antara Kas dan Kualitas

Zaki Setiawan (KORAN SINDO BATAM)
Sembuh di Puskesmas, Tak Perlu ke Rumah Sakit

Faisal (Pos Kota)
Survivor Kanker Mahmud Lagali

Eko Sutopo (Purworejo Ekspress)
Perjuangan Keluarga Pas Pasan Pengidap Hemofilia

Joko Suroso (Magelang Ekspress)
Kini, Mereka Tidak Sendiri Lagi
Kategori Media Online

Fernando (Tribun Pekanbaru)
Husen Miftahudin (Metrotvnews.com)
Sumarwoto (Antara Jateng. com)
Feri Kristianto (Bisnis Indonesia.com)
Nurhikma (Rakyatku.com)
Ghoida Rahmah (Tempo.co)

 

Kategori Foto Jurnalistik
Reza Herdiyanto (Batam Pos)
Nur Chamim (Radar Semarang)
Kadri Boy L Sarigan (Koran Sindo Medan)
M. Awaludin Fajri (Tribun Sumsel)
Sukirman (Koran Sindo Makassar)
Ferganata Indra Riatmoko (Kompas)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *