Ismeth pasang sinyal maju pilwako Batam

Batam Centre, BatamEkbiz.Com – Mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah memberikan sinyal untuk maju dalam pemilihan wali kota (pilwako) Batam. Ia mengatakan, selagi peraturan tidak melarang dan masyarakat menginginkan, ia bersedia mencalonkan diri.

Ismeth mengaku lebih condong untuk maju pada pemilihan wali kota (pilwako) Batam dibanding pada pemilihan gubernur (pilgub) Kepri. Terkait adanya larangan bagi calon kepala daerah/wakil kepala daerah “turun pangkat”, menurut Ismeth aturan itu hanya mengikat bagi calon petahana atau incumbent.

“Itu kalau incumbent, masih menjabat tidak boleh. Saya manusia biasa, sudah pensiun lima tahun dan melalui masa jeda,” katanya, Jumat (10/7/2015).

Ismeth menilai, Batam berada di lokasi strategis, tetapi belum mampu menjadi pusat keuangan dunia. Bahkan saat ini Batam mulai kehilangan daya saing, tidak seperti perkiraan semula.

“Batam ini menghawatirkan, semua sektor bisa lebih baik asalkan kepala daerahnya mau,” katanya, Jumat (10/7).

Kurangnya kemauan kepala daerah untuk memajukan Batam, lanjut Ismeth, dikarenakan minimnya komitmen politik. Bahkan kepala daerah cenderung tak tahu masalah dan tidak mau tahu, apalagi melakukan perbaikan.

Padahal, perbaikan itu semua demi Batam secara keseluruhan. Tak hanya perbaikan pelayanan, fasilitas juga harus dibangun oleh pemerintah. Sebab, pemerintah sebagai regulator memiliki peran penting dalam menciptakan, sekaligus menyediakan fasilitas yang layak. Pemerintah juga belum mampu mengambil langkah-langkah untuk menyejahterakan buruh.

“Batam ini banyak dikeluhkan, mulai dari proses perizinan usaha yang sangat lama, hingga izin amdal yang mahal. Coba sesekali ke pusat-pusat industri, tempat perputaran roda ekonomi, banyak sekali masalah yang mesti segera dibenahi,” katanya.

Atas kekhawatirannya tersebut, terkadang mendorongnya untuk mengingatkan kepala daerah agar melakukan langkah-langkah yang lebih baik lagi. Ismeth mengungkapkan bahwa dirinya terbiasa mengingatkan Wali Kota terkait permasalahan yang ada.

“Setiap Juni saya sampaikan melalui pesan singkat, karena ini upaya bagaimana untuk menjadikan Batam lebih baik lagi,” katanya.

Ditanya kekhawatiran tersebut sebagai bentuk keinginannya maju pada pilwako Batam, Ismeth tidak membantah ataupun mengiyakan.

“Saya tertantang membenahi Batam, jika masyarakat menginginkan, mari kita benahi semuanya bersama-sama,” jawabnya sambil tersenyum. (R02)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *