Jalan santai awali rangkaian Hari Pers Nasional

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) 2015 di Batam dan Tanjungpinang akan diawali dengan jalan santai “Napak Tilas Raja Ali Kelana”. Kegiatan yang menyediakan hadiah 11 unit motor dan 2 paket umrah serta beragam hadiah menarik ini digelar Minggu (1/2/2015).

Di Batam, jalan santai dilaksanakan di Dataran Engku Putri Batam Centre. Rute yang dilalui adalah Bundaran Madani, Bundaran Badan Pengusahaan (BP) Batam, dan kembali lagi ke Dataran Engku Putri. Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo dan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dijadwalkan melepas peserta jalan santai.

Sementara di Tanjungpinang, jalan santai dilaksanakan di Tugu Pensil. Kemudian bergerak ke Lapangan Dewa Ruci dengan jarak tempuh sekitar 1 kilometer. Artis ibukota Trio Macan direncanakan ikut memeriahkan dan menghibur peserta jalan santai.

“Bagi masyarakat yang ingin ikut berpartisipasi dalam jalan santai, bisa mendapatkan kupon undian dari panitia atau membawa guntingan kupon yang ada di media cetak,” kata Panitia HPN Pokja Jalan Santai Hariyanto, kemarin.

HPN 2015 di Batam dan Tanjungpinang berlangsung mulai 1-9 Februari 2015. Setelah jalan santai, rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelatihan jurnalisme maritim di Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang, Selasa (3/2/2015).

Pada Kamis-Senin (5-9/2/2015) digelar pameran pers bertemakan ‘Peradaban Pers’ di Kepri Mall. Pameran ini akan diikuti oleh perusahaan pers nasional dan Pemprov Kepri yang akan menampilkan hasil-hasil karya jurnalistik tertua di tanah air. Sementara di Tanjungpinang diselenggarakan pameran pembangunan.

Pada Jumat (6/2/2015) diselenggarakan konvensi bahasa dan budaya bertemakan ‘Menjadikan Penyengat sebagai Warisan Dunia’ di Gedung Balai Adat Pulau Penyengat. Ketua Dewan Pers Bagir Manan akan menjadi keynote speaker dalam kegiatan yang akan dihadiri masyarakat pers, UNESCO, pakar bahasa, dan masyarakat Melayu seluruh dunia ini.

Sabtu (7/2/2014) panitia HPN menggelar Konvensi Media Massa di Hotel Harmoni One Convention. Selain Bagir Manan, kegiatan ini juga akan menghadirkan Menko bidang Perekonomian Sofyan Djalil, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo, dan Ketua KPK Abraham Samad. Pada hari itu juga akan digelar Kongres Serikat Penerbit Surat Kabar (SPS) di Hotel Harris dan pesta rakyat di Engku Putri Batam Centre.

Dilanjutkan Minggu (8/2/2015) dengan bedah buku HPN 2015 di Kepri Mall. Kemudian pertemuan forum pemred di Harmoni One. Peserta HPN juga akan berkunjung ke sejumlah kantor berita, perusahaan pers di Singapura, dan komunitas Wartawan Singapura melalui media visit peserta HPN.

Selamat Hari Pers Nasional.




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *