Jumat, batas akhir penukaran uang pecahan

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepri, memberikan batas waktu hingga Jumat (2/8/2013), untuk pelayanan penukaran uang oleh masyarakat. Masyarakat masih bisa mendapatkan pelayanan penukaran uang pecahan kecil dari pukul 08.30-12.00 WIB.

Sementara pada Senin-Selasa (5-6/8/2013), BI tidak lagi melayani penukaran uang kepada masyarakat. Namun hanya pelayanan terbatas, penyetoran dan penarikan dana oleh bank, dengan waktu mulai pukul 08.30-12.00 WIB.

“Selama puasa (Ramadhan), total penukaran uang oleh masyarakat yang dilayani kantor perwakilan Bank Indonesia Kepri per 31 Juli 2013, telah mencapai Rp14 miliar,” ungkap Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kepri, Amanlison Sembiring, Rabu (31/7/2013).

Selain itu, jelas Amanlison, BI juga telah melakukan pelayanan kas keliling sebanyak lima kali. Yakni dilakukan di Kota Batam, Kabupaten Tanjung Balai Karimun, Dabo Singkep (Lingga), dan Anambas, dengan total penukaran mencapai Rp1,1 miliar.
Sementara itu total penarikan dana oleh bank, telah mencapai Rp1,1 triliun. Dari total dana yang disiapkan BI Provinsi Kepri untuk bulan puasa dan lebaran tahun 2013, sebesar Rp2,3 triliun.

Terkait pelayanan BI – Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) dan BI – Scripless Securities Settlement System (BI-SSSS), pada Kamis dan Jumat, 1-2 Agustus 2013, jam operasional sistem BI-RTGS dan BI-SSSS diperpanjang proporsional selama satu jam. Sementara itu, pada 5-6 Agustus 2013, sistem BI-RTGS dan BI-SSSS beroperasi secara normal. Pada hari Rabu hingga Jumat, 7-9 Agustus 2013, sistem BI-RTGS dan BI-SSSS tidak beroperasi.

Sementara itu, kegiatan operasional Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI), pada Senin-Selasa, 5-6 Agustus 2013, seluruh kegiatan penyelenggaraan SKNBI diadakan sesuai jadwal berlaku (normal). Tanggal 7-9 Agustus 2013, kegiatan penyelenggaraan SKNBI ditiadakan.

“Seluruh pelayanan oleh BI (operasional kas, BI-RTGS, BI-SSSS, SKNBI) akan kembali beroperasi normal pada 12 Agustus 2013,” pungkas Amanlison. (R02)

Leave a Response

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>