Kahmi dan HMI Batam Gelar Tasyakuran untuk Lafran Pane

Batam Centre, BatamEkbiz.Com — Pengurus Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) Kepri dan Batam serta kader HMI menggelar tasyakuran atas penganugerahan Lafran Pane sebagai pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo. Tasyakuran yang dirangkai dengan khataman Alquran, doa, dan potong tumpeng untuk Lafran Pane itu dilaksanakan usai salat Jumat di Masjid Sukajadi, Jumat 10 November 2017.

Koordinator Presidium Kahmi Batam, Akhirman mengatakan, Lafran Pane yang mendirikan HMI pada 5 Februai 1947 di Sekolah Tinggi Islam Yogyakarta, sekarang menjadi Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, telah banyak memberikan sumbangsih dalam pergerakan perjuangan mempertahankan kemerdekaan. Ia berharap penganugerahan gelar pahlawan kepada Lafran Pane ini dapat menginspirasi kader-kader HMI dalam memperjuangkan nilai-nilai Islam di masyarakat dalam mewujudkan tujuan HMI.

“Kami berharap ini bisa menjadi inspirasi bagi kader HMI atas perjuangan-perjuangan yang telah dilakukan Lafran Pane saat mendirikan HMI,” katanya.

Usulan untuk menjadikan Lafran Pane sebagai pahlawan telah melalui proses panjang. Terlebih sudah banyak nama pahlawan yang berasal dari Yogyakarta. Nama Lafran Pane telah diusulkan sejak tiga tahun silam.

Untuk mengusulkan Lafran Pane sebagai pahlawan, Kahmi telah menggelar public hearing di 27 perguruan tinggi berbeda di Indonesia. Ini menjadi satu syarat yang diatur sesuai Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Selain itu, factor pemerataan gelar pahlawan untuk daerah juga sempat dianggap sebagai tantangan untuk peluang lolosnya nama Lafran pane

Ketua Pengurus Majelis Wilayah (PMW) Kahmi Provinsi Kepri, Surya Makmur Nasution mengungkapkan, sebelumnya nama Lafran Pane tak termasuk dalam gelar pahlawan nasional pada tahun ini. Namun dalam pertemuan antara Kahmi dengan Presiden Jokowi di Istana Merdeka pada Jumat (3/11), nama Lafran Pane akhirnya disetujui untuk mendapat anugerah pahlawan nasional bersama tiga nama lainnya.

“Semoga anugerah pahlawan nasional kepada Lafran Pane ini menjadi spirit keumatan dan keindonesiaan kita,” katanya. (R03)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *