Kedai Durian Tok Ngah, Pusat Olahan Durian Khas Batam

Tiban, BatamEkbiz.Com – Sebagai kota dengan tingkat kunjungan wisatawan mancanegara terbesar ketiga di Indonesia, Batam terus berbenah. Sektor usaha kecil menengah (UKM) dan industri pariwisata serta fasilitas pendukungnya menggeliat, termasuk bisnis kuliner.

Selain obyek wisata dan MICE (meeting, incentive, convention, and exhibition), Batam juga dikenal sebagai pusatnya makanan lezat dan murah. Beragam makanan, minuman, dan jajanan khas mudah didapatkan di kota yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia ini.

Salah satu pusat jajanan khas Batam adalah Kedai Durian Tok Ngah. Sesuai namanya, aneka variant makanan dan minuman yang disajikan Kedua Durian Tok Ngah mayoritas berbahan dasar durian, seperti pancake, minuman, dan makanan.

Untuk pancake tersedia pancake jumbo, mini, dan unyil. Kemudian pilihan minuman ada es durian mini dan sop durian. Lalu pilihan makanan tersedia risol durian, kue lapis durian, ketan kinca durian, roti jala durian, dan roti puding durian.

Pengelola Kedai Durian Tok Ngah Muhammad Firman mengaku sudah memulai menggeluti usaha kuliner berbahan durian ini di Batam sejak 2012 lalu. Alasannya, mudahnya mendapatkan durian sebagai bahan baku olahan dan tingginya minat masyarakat serta wisatawan mancanegara yang datang ke Batam terhadap buah durian.

Awalnya, penjualan olahan dari durian dilakukan Firman dengan memanfaatkan mobil toko (moko) yang diparkir di sejumlah pusat keramaian di Batam. Makin hari minat masyarakat untuk membeli produk olahan duriannya makin membludak, hingga akhirnya ia memutuskan untuk membuka Kedai Durian Tong Ngah pada 2013.

“Saat ini sudah ada beberapa cabang Kedai Durian Tok Ngah di Batam. Di antaranya ada di Kampung Seraya, Tiban Princess, Bengkong, dan sekitar Masjid Raya Batam Centre,” katanya.

Di Kedai Durian Tok Ngah, Anda bisa menikmati langsung pancake, makanan, dan minuman dari durian. Buah ini dipercaya memiliki kandungan nutrisi penting dalam jumlah tinggi, melebihi buah lain. Di antaranya kaya protein dan karbohidrat, vitamin B, C, kalsium, kalium, serta fosfor. Berbagai nutrisi tersebut membantu menjaga daya tahan tubuh agar tetap sehat dan fit sepanjang hari.

Bagi Anda yang tidak sempat menikmati makan langsung di tempat, buah tangan ini bisa dibawa pulang. Sedangkan bagi wisatawan atau warga Batam yang ingin membawa buah tangan khas Batam ini ke luar daerah, Kedai Durian Tok Ngah menyediakan kemasan menarik, aman, dan praktis dibawa sebagai oleh-oleh.

Kedai Durian Tok Ngah juga melayani pemesanan antar di tempat bagi Anda yang tidak bisa datang langsung ke cafe atau gerai. Pemesanan bisa dilakukan melalui telepon (0778) 408 3849 atau handphone dan WA 0856 6870 0710 / 0856 6870 0909, serta email ke: order@kedaiduriantokngah.com. (cris)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *