Kembangkan Pelabuhan Batuampar Tanpa Ada Gesekan

Batam Center, BatamEkbiz.Com — Dengan telah ditandatanganinya pembagian tugas antara BP Batam dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pengelolaan pelabuhan, BP Batam bisa mengelola pelabuhan tanpa ada gesekan.

“Dengan pembagian tugas ini, BP Batam dapat melakukan tugasnya di pelabuhan tanpa ada gesekan dengan pihak lain,” kata Dwianto Eko Winaryo di Gedung Marketing BP Batam, Rabu 16 November 2017.

Tugas BP Batam berfokus kepada bisnis, antara lain menyediakan lahan di daratan dan di perairan pelabuhan. Kemudian menyediakan dan memelihara penahan gelombang, kolam pelabuhan, alur pelayaran masuk pelabuhan dan jaringan jalan, menjamin keamanan, ketertiban serta kelestarian di pelabuhan, menyusun rencana induk pelabuhan, menjamin kelancaran arus barang dan melakukan perjanjian kerjasama dengan pemegang izin usaha Badan Usaha Pelabuhan yang telah memenuhi persyaratan dan mengusulkan tarif .

Sedangkan Kemenhub berperan untuk urusan keselamatan pelayaran saja.

”Kami tak bisa sendiri mengembangkan Batuampar. Kami akan coba cari cara yang paling baik nanti,” kata Dwi.

Disamping itu, Dwi mengaku tengah berkomunikasi secara intensif dengan pengusaha pelayaran mengenai apa yang bisa BP Batam bantu untuk meningkatkan usaha mereka.

“Kami buka komunikasi lagi. Dan meminta masukan apa yang bisa gairahkan mereka,” jelasnya .

Setelah selesai pembenahan tumpang tindih kewenangan dengan Kemenhub, BP segera mengembangkan pelabuhan Batuampar. “Kami akan bekerjasama dengan pihak terkait untuk pengembangannya, apalagi kolamnya sudah dangkal sekitar 4 meter,” jelas Dwianto.

Sementara untuk Pelabuhan Punggur sudah dioperasikan, tapi belum maksimal. Menurut Dwi, nantinya akan ada penambahan kursi di Pelabuhan Punggur.

“Untuk Perka 17/2016 tentang jenis tarif dan layanan kantor pelabuhan BP Batam akan diskusi dan komunikasi dulu dengan pengusaha pelayaran,” jelasnya. (adi)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *